Tanya Jawab
Cari Berita

Advertisement

Indikator Bima: Tanya Jawab

Tanya Jawab

Apa itu Indikator Bima? 

Indikator Bima adalah portal yang dibangun sebagai tempat berbagi informasi apa saja yang layak untuk dikonsumsi publik. Portal ini dikelola oleh komunitas pewarta warga Indikator Bima. Indikator Bima merupakan bagian dari upaya untuk mewujudkan jurnalisme warga Bima. Dengan prinsip seperti itu, maka kami ingin melibatkan seluruh lapisan masyarakat yang peduli terhadap pentingnya kekuatan dan dampak dari Jurnalisme warga.

Apa itu jurnalisme warga? 

Jurnalisme warga (citizen journalist) adalah jurnalisme yang dikelola oleh warga, dari warga, dan untuk siapa saja. Sebagai aliran baru dalam jurnalisme, yang berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, jurnalisme warga merupakan alternatif dari media umum yang sudah ada seperti koran, radio, dan televisi.

Dalam jurnalisme warga, warga tidak hanya menjadi konsumen media tapi juga bisa terlibat dalam proses pengelolaan informasi itu sendiri mulai membuat, mengawasi, mengoreksi, menanggapi, atau sekadar memilih informasi yang ingin dibaca. Karena itu, sekali lagi, jurnalisme warga tidak hanya memberi tempat tapi juga menyarankan dan mendorong pembaca untuk terlibat di dalamnya.

Kenapa perlu ada Indikator Bima? 

Indikator Bima lahir untuk memberikan ruang yang lebih luas kepada masyarakat untuk saling berbagi informasi karena pada prinsipnya kami menyakini bahwa setiap orang bisa bersuara dan menjadi pemberita yang baik. Kami hadir untuk mengambil bagian penyebarluasan informasi yang cepat dan akurat sebagai upaya membangun partisipasi publik yang lebih bermakna.

Informasi apa yang bisa disampaikan di Indikator Bima? 

Apa saja yang anda ingin tulis. Prinsipnya Objektif, Informatif, Inspiratif, dan logis. 

Nyaris tidak ada informasi yang tidak bisa disampaikan di Indikator Bima. Anda bisa menulis hal paling sepele tentang diri Anda sendiri maupun tentang masalah paling gawat sekalipun. 

Anda bisa menulis hobi, gaya hidup, kuliner, adat, budaya, agama, peristiwa, opini, pendidikan, dan seterusnya. Hal paling penting adalah informasi itu berdasarkan FAKTA. Karena itu informasi di Indikator Bima diutamakan berasal dari sumber pertama atau orang yang mengalaminya sendiri.

Siapa yang bisa berpartisipasi di Indikator Bima? 

Siapa saja. Setiap orang bisa berpartisipasi di Indikator Bima untuk mencari, menambah, menanggapi, mengoreksi, maupun membuat informasi itu sendiri. 

Untuk informasi yang bersifat umum, netral, dan tidak menyinggung pihak lain, Anda bisa menggunakan identitas apapun. Namun untuk informasi yang bersifat koreksi, klarifikasi, ataupun penilaian lain, Anda harus menyebutkan identitas dan keterangan jelas. Hal ini sebagai bentuk pertanggungjawaban dan pertanggunggugatan terhadap informasi yang disampaikan.

Bagaimana cara membuat informasi untuk Indikator Bima? 

Indikator Bima adalah sumber media informasi alternatif. Karena itu Anda bebas membuat informasi dalam bentuk apa saja untuk dikirim dan dimuat di Indikator Bima.

Bagaiamana bentuk laporan yang ditulis di Indikator Bima

Bisa menjadi pelapor (reporter), penulis, dan editor tulisan Anda sendiri. Silakan tulis informasi Anda dalam bentuk apa saja yang Anda sukai. 

Usahakan menulis dengan kaedah-kaedah jurnalistik yang dikenal sebagai 5W+1H (What, Who, Where, When, Why, dan How). 

Apakah tulisan saya akan langsung dimuat ketika dikirim ke Indikator Bima? 

Hak pemuatan ada pada editor. Editor berhak mengedit, terutama dalam hal ejaan atau gaya bahasa, bukan pada materi tulisan. 

Meski demikian, tulisan yang bersifat menghasut, menyinggung, SARA, mengandung kekerasan dan pornografi sangat mungkin tidak akan dimuat.

Apakah saya harus mencantumkan nama sebagai penulis? 

Wajib ..!, Karena itu di ahir tulisan, kami selalu mencantumkan nama penulis. Hal ini sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap isi tulisan tersebut.

Siapa yang bertanggungjawab atas isi tulisan? 

Anda sendiri. Indikator Bima hanyalah memfasilitasi dan bertanggungjawab terhadap jalannya portal ini. Adapun pertanggungjawaban atas setiap materi yang ditulis ada pada penulis masing-masing.

Bagaimana saya mengirim informasi tersebut? 

Silahkan anda merujuk pada KONTAK KAMI atau bisa dikirimkan ke indikatorbima17@gmail.com pada portal ini.  

Apakah saya akan mendapat insentif jika tulisan dimuat? 

Tidak. Hingga saat ini semua yang dilakukan di Indikator Bima bersifat suka rela. Semua kontributor di Indikator Bima tidak mendapatkan insentif dari pemuatan tulisan di Indikator Bima, demikian pula dengan Indikator Bima.

Hak milik tulisan itu tetap ada pada Anda. Anda masih bisa mengirim tulisan itu ke media lain yang bisa memberikan insentif.

Sebagian tulisan di portal ini pun berupa artikel, terutama berita kisah, yang sudah pernah dimuat media umum.

Apakah bayar kalau mengambil tulisan di Indikator Bima? 

Anda pun bisa mengambil tulisan-tulisan di portal ini tanpa harus membayar. Tapi mohon memberi penghargaan dengan mencantumkan sumber tulisan dan nama penulisnya. 

Jika Anda bermaksud mempublikasikan ulang tulisan-tulisan di Indikator Bima, terutama untuk tujuan publikasi, sebaiknya Anda melakukan verifikasi atau cek ulang pada penulis masing-masing.