Rangga Babuju Dorong Kemandirian Entrepreneurship Generasi Milenial
Cari Berita

Advertisement

Rangga Babuju Dorong Kemandirian Entrepreneurship Generasi Milenial

Minggu, 27 September 2020

Rangga Babuju saat menjadi pemateri dalam kegiatan workshop kewirausahaan di Paruga Desa Rupe. 

BIMA - Julhaidin, SE terus bergerak mendorong kemandirian entrepreneurship generasi milenial di era virtual. Kali ini Sabtu 26 September 2020 malam ia hadir sebagai narasumber dalam kegiatan Workshop Kewirausahaan di Desa Rupe, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, yang diinisiasi Gerakan Mahasiswa Rupe Gabungan (GMRG) Bima.

Julhaidin yang akrab disapa Rangga Babuju ini memotivasi puluhan kaum milenial peserta kegiatan workshop tersebut. Ia mengungkap langkah sukses sejumlah pengusaha muda yang ada di Bima yang memang awalnya mengalami kesusahan dan kerap membantu orang lain.

Hasil riset Rangga Babuju, bahwa memang yang menjadi hambatan dalam membangun usaha adalah tantangan sosial masyarakat, birokrasi pemerintah, politik, budaya, orientasi yang keliru, paradigma dan stigma. Sementara yang menjadi peluang berwirausaha adalah sumber daya alam, persaingan inovasi, potensi, cash flow (penerima dan pengeluaran daerah).

Menurut CEO Babuju Mandiri ini bahwa, halangan orang berwirausahaan untuk bekembang adalah lebih suka risau karena asumsi orang lain, lebih suka gagal fokus dan labil dalam mengahadapi kecenderungan, lebih suka hayal laba ketimbang susun strategi berkelanjutan usaha, tidak berani melawan paradigma dan stigma orang tua dan keluarga. Selain itu cenderung terjebak dalam situasi konteporer, cenderung bekerja sendiri dan melupakan potensi orang lain. 

Lebih lanjut Rangga mengungkap kunci sukses adalah bekarya, bersyukur dan berbagi. "Dunia berubah setiap hari, dan tidak menunggu anda berubah. Omong kosong dunia menunggu anda berubah," tutur motivator Bima ini. (Red/indikatorbima.com).