Doro Ncanga di Ganggu, Peternak Dompu Gedor Kantor DPRD Dompu
Cari Berita

Advertisement

Doro Ncanga di Ganggu, Peternak Dompu Gedor Kantor DPRD Dompu

Senin, 08 Juni 2020

Foto: Suasana Aksi Demonstrasi di Kantor DPRD Dompu
Indikatorntb.com - Ratusan peternak Kabupaten Dampu menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor DPRD, Para peternak menggugat Bupati Dompu yang dinilai tidak konsisten mempertahankan Doro Ncanga sebagai kawasan pelepasan ternak, Senin (08/06/20).

Adanya Sertifikan Hak Milik (SHM) "Mafia" tanah di kawasan pelepasan ternak oleh Badan Pertanahan Kabupaten Dompu dianggap menciderai surat keputusan Bupati Dompu Nomor: 38/DISNAK/2014 tentang penetapan Doro Ncanga sebagai padang pengembala ternak rakyat dan pengembangan pakan ternak di Kabupaten Dompu.

Dalam surat keputusan tersebut, kawasan pengembala ternak rakyat memiliki luas 1.966 Ha. Surat keputusan itulah yang menjadi dasar hukum bagi peternak untuk mempertahankan kawasan pelepasan ternaknya.

Aksi demonstrasi para peternak juga dipicu oleh tindakan beberapa pemilik Sertifikat Hak Milik yang telah membuat pagar sesuai dengan luas tanah yang tertera di dalam sertifikat.

Dalam tuntutannya, Para peternak meminta kepada Bupati Dompu, DPRD, Badan Pertanahan, Sekda dan Kabag Hukum Kab. Dompu agar secara seksama mencabut dan membatalkan Sertifikat Hak Milik yang berada di dalam kawasan pelepasan ternak masyarakat Kab. Dompu.

Selain itu, massa aksi juga meminta agar DPRD Kab. Dompu segera membentuk pansus investigasi, mengeluarkan rekomendasi pencabutan, pembatalan dan menarik kembali sejumlah Sertifikat Hak Milik yang diterbitkan oleh Badan Pertanahan Kab. Dompu. Massa aksi juga meminta kepada DPRD untuk segera meninjau lokasi.

Tim/Indikator