Penyaluran BLT Dana Desa Rupe Berlangsung Aman dan Tertib
Cari Berita

Advertisement

Penyaluran BLT Dana Desa Rupe Berlangsung Aman dan Tertib

Kamis, 28 Mei 2020

Ketua BPD Rupe Kecamatan Langgudu, Mabrur, S.Pd saat menyerahkan BLT Dana Desa kepada salah satu KPM.

BIMA - Pemerintah Desa Rupe dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada 166 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tahap I, Kamis 28 Mei 2020 di Paruga Rasa Desa Rupe. Per KMP menerima BLT sebanyak Rp 600.000.

Penyaluran bantuan ini dilakukan dengan protokol kesehatan pemerintah dalam upaya mencegah pandemi Covid-19, dengan tertib dan aman. Desa Rupe Kecamatan Langgudu hingga saat ini masih zona hijau Covid-19. 

Perlu diketahui bahwa sumber bantuan sosial ini dari dana desa anggaran tahun 2020 sebanyak 30 persen, yaitu dengan total Rp 298.800.000. Selama tiga bulan kedepan per KPM akan menerima Rp 1.800.000.

Ketua BPD Rupe, Mabrur, S.Pd menyampaikan bahwa penetapan 166 data KPM BLT sudah dilakukan sesuai prosedur penetapan. "Tahapan pertama verifikasi di tingkat RT, kemudian dilakukan evaluasi, verifikasi, finalisasi dan penetapan bersama Pemdes dan BPD," ujarnya, Kamis 28 Mei 2020.

Ia menegaskan bahwa, penyaluran bantuan berjalan aman dan tertib kepada 166 KPM tersebut.

Sementara itu, dengan ketetapan Pemerintah Pusat untuk perpanjang penyaluran BLT ini menjadi enam bulan, Mabrur menyampaikan bahwa hal itu belum dilakukan finalisasi. "Kalau yang tiga bulan pertama itu sudah final. Nanti kita adakan Musdes dulu baru final," ujarnya. (Red/IB).