Penyaluran Bantuan Dampak Covid-19 Pemdes Monta Dinilai Tak Efektif, Pemuda Akan Gelar Demo
Cari Berita

Advertisement

Penyaluran Bantuan Dampak Covid-19 Pemdes Monta Dinilai Tak Efektif, Pemuda Akan Gelar Demo

Jumat, 08 Mei 2020

Anggota Komunitas Pemuda Independen Desa Monta saat foto bersama - Nilam/indikatorbima.com.
BIMA - Komunitas Pemuda Independen Desa Monta (Kopi Demon) menilai penyaluran bantuan untuk masyarakat tidak mampu terdampak Covid-19 oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Monta Kecamatan Monta, Kabupaten Bima dari JPS NTB Gemilang, JPS Bima Ramah, BLT Kementerian Sosial hingga BLT Dana Desa tidak terbuka dan transparan.

Pemdes Monta yang dinilai tidak serius dalam penyaluran bantuan tersebut, tampaknya akan menghadapi aksi demonstrasi dari sejumlah pemuda yang tergabung dalam Kopi Demon selama dua hari berturut-turut, Senin 11 Mei sampai Selasa 12 Mei 2020 di kantor Desa Monta.

Koordinator Lapangan (Korlap) aksi, Fajrin mengajak seluruh masyarakat dan pemuda Desa Monta untuk turun ke jalan menyuarakan aspirasi, guna menuntut transparansi anggaran penanganan dampak Covid-19.

Dalam aksi demo ini, kata dia, Kopi Demon akan mendesak Pemdes Monta untuk transparan terkait data penerima bantuan Covid-19, dan menutut Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 untuk transparan soal anggaran Rp 10 juta dalam pencegahan Covid-19.

Kopi Demon juga akan menuntut keterbukaan informasi oleh Pemdes terhadap masyarakat Desa Monta secara berkala dan tempat yang mudah dijangkau.

Selain itu, juga akan mendesak Tim Gugus Tugas Covid-19 Desa Monta untuk menyediakan masker gratis untuk seluruh masyarakat dengan memberdayakan tukang jahit di Desa Monta.

"Mendesak pemerintah Desa Monta untuk menjelaskan tentang kebijakannya terhadap penyaluran bantuan yang sudah melewati bulan April," tutur Fajrin kepada indikatorbima.com, Kamis 6 Mei 2020.

Ia menjelaskan bahwa, dari tuntutan tersebut pihaknya lebih spesifik mendesak Pemdes Monta soal transparansi sumber data bantuan serta mengintegrasikan data penerima bantuan dari BLT Kemensos, JPS NTB Gemilang, JPS Bima Ramah, dan BLT Dana Desa bagi masyarakat tidak mampu yang terdampak Covid-19.

"Ini adalah aksi perdana yang kami lakukan. Dengan adanya aksi demostrasi ini, semoga Pemerintah Desa Monta mampu bersikap transparan, presisi, cepat, dan tepat dalam menangani wabah non alam ini," tutupnya.

Reporter : Nilam Sari
Editor      : Subhan