Musdessus BLT-DD Sangiang Dinilai Paling Partisipatif dan Transparan
Cari Berita

Advertisement

Musdessus BLT-DD Sangiang Dinilai Paling Partisipatif dan Transparan

Kamis, 14 Mei 2020

Foto: Suasana Pelaksanaan Musdessus Desa Sangiang
Indikatorntb.com - Pemerintah Desa bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sangiang menggelar Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) bertempat di Aula Kantor Desa Sangiang, dinilai paling tranparan dan partisipatif, Kamis (14/05/20).


Salah satu pendamping desa Kecamatan Wera, Ayang Saifulah menilai bahwa, Musdessus terkait BLT-DD di Kecamatan Wera, Kabupaten Bima yang paling transparan dan partisipatif adalah desa Sangiang.

"Musyawarah Khusus Verifikasi dan Validasi Data Penerima BLT Dana Desa paling Partisipatif, Inklusif dan Transparantif sampai sejauh ini di Kec. Wera adalah Musdessus di Desa Sangiang," Katanya.


Hal itu ia sampaikan berdasarkan pemantauan langsung saat Musdessus dilaksanakan. Menurutnya, pemerintah desa Sangiang dan BPD berhasil melibatkan seluruh elemen masyarakat dalam kegiatan tersebut.

"Musdessus dilakukan oleh semua unsur yang mewakili, Ada Toga, Toma, perwakilan Gender, ada Mahasiswa S1 dan S2, Sarjana, Tenaga Kesehatan, Petani, Pedagang, Nelayan dan profesi lainnya semua terlibat dan punya suara yang sama," Paparnya.


Musyawarah desa khusus yang dihadiri oleh unsur pemerintah Camat Wera, Kapolsek, Babinkantimnas, pemdamping desa, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan mahasiswa tersebut, membahas finalisasi dan penetapan data penerima bantuan langsung tunai (BLT-DD).

Diawali dengan sambutan kepala desa dan ketua BPD Sangiang serta pendamping desa, kegiatan Musdeskus berlangsung sekitar 6 jam, sejak pukul 10.00-15.30 WITA.


Berdasarkan hasil falidasi dan penetapan penerima bantuan langsung tunai dana desa, sebanyak 229 KK ditetapkan sebagai penerima dari 1033 KK, terdiri dari dusun Doroma sebanyak 36 KK, Sarae 37 KK, Karombo 26, KK, Lasinta 26 KK, Lajoro 26 KK, Bronjong 25 KK, Tewo 26 KK, Sangiang 26 KK.

Igon Nusuki/Indikatorbima