166 KPM di Desa Rupe Akan Terima BLT Dana Desa, Ini Harapan Anggota BPD
Cari Berita

Advertisement

166 KPM di Desa Rupe Akan Terima BLT Dana Desa, Ini Harapan Anggota BPD

Rabu, 27 Mei 2020

Anggota Badan Permusyawaratan Desa Rupe, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, Kurais, S.Pd

BIMA - Sebanyak 166 warga tidak mampu di Desa Rupe Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima akan menerima Bantuan Sosial (Bansos) dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa pada Kamis, 28 Mei 2020. Masing-masing akan mendapatkan bantuan Rp 600.000 per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) selama tiga bulan.

Saat penerimaan bantuan di Kantor Desa Rupe besok, KPM membawa Kartu Tanda Penerima BLT Dana Desa yang telah dibuat khusus dan dibagikan, KTP dan Kartu Keluarga. Data penerima BLT Dana Desa di Desa Rupe, Dusun Oi Fonu sebanyak 53 orang, Dusun Mangge Maci sebanyak 48 orang, dan Dusun Sori Nocu diterima 33 warga, sementara di Dusun Luru Mbolo sebanyak 32 KPM.

Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Rupe, Kurais, S.Pd meyampaikan bahwa penetapan data KPM tersebut hasil musyawarah bersama Pemerintah Desa dan BDP beserta tokoh masyarakat. "Ia, telah dilakukan verifikasi dan validasi terkait data tersebut," ujarnya, saat diwawancara, Rabu 27 Mei 2020.

Legislator Desa perwakilan masyarakat Dusun Oi Fonu ini berharap keluarga penerima BLT Dana Desa bisa memanfaatkan bantuan tersebut sebaik-baiknya dan tidak disalahgunakan.

Menurutnya, bantuan tersebut dikucurkan pemerintah di tengah pandemi Covid-19 yang kini membatasi masyarakat untuk beraktivitas seperti biasa, sehingga berdampak secara ekonomi. "Kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan pemerintah dalam mencegah penularan virus Corona. Ini untuk kebaikan kita bersama," tutur Kurais.

Perlu diketahui dalam penetapan BLT Dana Desa, Pemerintah Pusat telah instruksikan 30 persen Dana Desa dialihkan untuk menghadapi dampak Covid-19 dalam bentuk BLT. Jika total KPM BLT 166 menerima Rp 600.000 per bulan, artinya Dana Desa Rupe yang ditetapkan untuk BLT sebesar Rp 298.800.000 untuk warga tidak mampu selama tiga bulan.

Sementara itu, kini Menteri Keuangan Sri Mulyani telah memperpanjang masa penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) berupa BLT Dana Desa menjadi enam bulan yang sebelumnya hanya tiga bulan. Namun tiga bulan tahap II ini KPM menerima Rp 300.000 per bulan. (Subhan/IB).