Pemerintah Desa Teta Gandeng Pemuda Lakukan Reboisasi
Cari Berita

Advertisement

Pemerintah Desa Teta Gandeng Pemuda Lakukan Reboisasi

Selasa, 14 April 2020

FOTO : Pemerintah Desa Teta di kawasan Reboisasi
/Indikator Bima

IndikatorBima.Com- Untuk melestarikan hutan sekaligus menjaga ketersediaan sumber air, pemerintah Desa Teta,Kecamatan Lambitu  melakukan kegiatan penghijauan dengan menanam pohon di sekitar sumber mata air yang terletak di Desa Teta , Kecamatan Lambitu, Kabupaten Bima,  Provinsi Nusa Tenggara Barat, Minggu (11/04/2020). Kegiatan penghijauan tersebut melibatkan para babinsa, aparat Desa  Teta, serta para pemuda. (14/04/2020).

Kepala Desa Teta, Ziaudin Muamar, S.Sos  ketika diwawancarai media ini Senin (13/04/2020) mengatakan, penghijauan dilakukan  bertujuan agar adanya perlindungan mata air serta memberikan pendindikan, pemahaman bagi masyarakat tentang pentingnya hutan desa sebagai penyangga wilayah desa lebih lebih di titik mata air.

Kegiatan ini yang lebih terpenting  adalah menyadarkan masyarakat Desa tentang pentingnya hutan serta diharapkan kembalinya titik  yang di anggap kritis, apalagi melihat Lambitu sekarang khusus nya di Desa Teta lahan nya sudah memasuki zona merah, Lahan hijau sudah semakin sempit  maka dari itu perlu dari sekarang untuk merubah itu semua harus mulai dari satu pohon.

"Kegiatan penanaman pohon ini  diharapkan agar kembalinya pemeliharaan titik mata air dan mengembalikan Oi Kunde dan Moti Ntimbo sebagai hutan desa”Ujarnya. 

Muamar menambahkan untuk menjadikan Desa Teta yang asri  membutuhkan waktu apalagi terkait penyadaran kemasyarakatnya maka dari  itu dibutuhkan peran aktif semua pihak untuk bersinergi membangun bersama lebih lebih peran Pemuda.

"Inti dari itu semua adalah air sebagai sumber kehidupan dan menjaga air untuk anak cucu kedepan dan insya allah dalam waktu dekat  penanaman pohon akan berlanjut di titik mata air Oi Malau" tegasnya.

Selain menanam berbagai macam pohon, pihaknya juga melakukan pembersihan di sekitar wilayah sumber mata air tersebut sehingga tetap terjaga dengan baik.

” Pohon yang kita tanam itu beragam. Kita tidak hanya fokus pada satu jenis tanaman saja karena tujuan kita itu untuk menghijaukan hutan untuk menjaga ketersediaan air di dalam tanah sehingga kita harus menanam pohon,”  pungkas Kepala Desa Teta yang baru dilantik beberapa bulan yang lalu ini.

Pewarta : Taufiqurrahman