Ini Data Screening Awal Covid-19 RTC-19 Mbojo
Cari Berita

Advertisement

Ini Data Screening Awal Covid-19 RTC-19 Mbojo

Sabtu, 04 April 2020

Relawan Tanggap Covid-19 Mbojo (Bima) atau biasa disebut RTC-19 Mbojo telah membuka screaning awal terhadap Corona Virus Disease (Covid-19) pada Senin 30 Maret 2020.

Setelah mendapatkan hasil screening awal, relawan langsung sigap berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten maupun kota Bima, seperti yang diungkapkan oleh Koordinator Arif Gunawan, S.Kep, "Beberapa dari kami telah berkomunikasi dengan pemerintah kabupaten maupun kota untuk memberikan data sementara hasil screening," katanya.

"Pengumpulan data yang dilakukan oleh RTC-19 Mbojo adalah lewat pengisian online dari GF, RTC-19 Mbojo mengutamakan pengisian data oleh orang yang baru masuk ke kota/kabupaten Bima, terutama yang belum melaporkan diri pada Puskesmas atau rumah sakit terdekat," lanjutnya.

Sementara, di tempat yang berbeda, Ketua Pelaksana RTC-19 Mbojo Ilmidin, SKM., M.P.H., mengungkapkan, bahwa data yang sudah masuk adalah sebanyak 197 orang, dan kebanyakan dari data tersebut adalah mahasiswa Bima yang mudik dari berbagai daerah. Katanya, sebagian mahasiswa tersebut melaporkan gejala, hingga RTC-19 sudah komunikasikan hal tersebut ke P2Pnya Dinas Kesehatan.

"Sudah kami open akses online, jika ada yang masih takut melaporkan diri silahkan mengisi form, kami akan menjamin kerahasiaan sodara dalam pengisian form ini, biarkan petugas yang mengecek langsung kerumah jika memiliki keluhan," tuturnya.

Sementara itu, RTC-19 Mbojo juga sudah melakukan komunikasi dengan berbagai organisasi daerah, khususnya Mahasiswa dari Makassar yang baru pulang untuk membantu pengisian data online yang telah mereka sediakan.

Ia berharap, semoga data tersebut mampu membantu pemerintah dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19 ini, sehingga Bima masih aman terhadap kasus Positif Corona.