Data Penerima Bansos, Pemerintah Desa Londu Harus Terbuka
Cari Berita

Advertisement

Data Penerima Bansos, Pemerintah Desa Londu Harus Terbuka

Sabtu, 25 April 2020

Foto : Ilustrasi Dana Bansos (Sumber Liputan6.com)
IndikatorBima.com- Data Penerima Bansos harus terbuka warga memperlihatkan isi bantuan sembako, maupun bantuan lainya dari pemerintah sebagai bantuan  akibat wabah Covid-19 di kawasan Desa Londu, Kecamatan Lambitu, Kabupaten Bima (25/4/2020).

Taufiqurrahman, Mahasiswa Desa Londu  meminta pemerintah Desa Londu menginformasikan  data penerima bantuan (Bansos) secara online serta adanya transparasi informasi publik dari Pemerintah Desa Londu. Taufiqurrahman mengatakan, Pemerintah Desa Londu harus membangun transparansi data penerima bansos dengan mempublikasikan di media sosial acount pemerintah Desa Londu, maupun di papan informasi Kantor Desa Londu, Apalagi data tersebut dari hasil masyawarah bersama. Menurutnya, sistem pendataan yang dapat diakses publik secara terbuka sangat penting.

“Keterbukaan informasi publik merupakan suatu keharusan, apalagi  persoalan  status bantuan, hal ini jika tidak dilakukan  warga menjdi resah , maka dengan ini pemerintah Desa Londu harus bersifat terbuka dalam menginformasikan perihal penerima bantuan kepada masyakat, biarpun masih pengajuan data oleh Pemerintah Desa, informasi adalah milik semua, apalagi persoalan pendataan bantuan ” ujar Taufiq, Sabtu (25/4/2020)

Taufiq menerangkan, harusnya proses perinformasian pendataan tersebut  dapat dipantau oleh semua masyakat Desa Londu, baik sebelum proses verifikasi dan setelah validasi status mereka sebagai penerima bansos. Semua harus dilakukan secara transparan agar masyarakat bisa tenang di rumah karena ada kejelasan akan status, dan proses pendataan bansos,” tambahnya.

Terlebih lanjut Taufiq menyatakan, saat ini banyak sekali skema bansos Covid-19 yang diberikan ke masyarakat, baik dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Banyaknya skema tersebut, membuat kebingungan di masyarakat karena minimnya informasi siapa yang bisa mendapatkan dan bantuan apa yang mereka dapatkan.

“Sistem keterbukaan informasi  pendataan bansos sangat dibutuhkan masyarakat, kami mendesak pemerintah Desa Londu untuk segera menginformasikan terkait nama nama penerima bantuan ," pungkas Taufiq.

Pewarta : Furkan