Ini Proyek Infrastruktur di Bima yang Masuk Program Percepatan Pembangunan Pemprov
Cari Berita

Advertisement

Ini Proyek Infrastruktur di Bima yang Masuk Program Percepatan Pembangunan Pemprov

Sabtu, 04 Januari 2020

Ilustrasi pembangunan jalan
Indikatorbima.com - Nampaknya pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sangat serius dalam mempercepat pembangunan di Kabupaten Bima yang sesuai wewenangnya. Sebab beberapa proyek pembangunan infrastruktur sudah diputuskan masuk dalam program percepatan dengan kontrak multi year 2020-2022.

Selain jalan lintas Sumi dengan pagu anggaran 22,2 milyar, ada beberapa ruas jalan dan jembatan yang akan dikerjakan oleh pemerintah provinsi di Kabupaten Bima yang dimulai tahun 2020 ini.

Ruas jalan Kiwu-Sampungu sepanjang 13.9 kilo meter dengan pagu anggaran 26,1 milyar, jalan di Talabiu-Simpasai sebesar 7,6 milyar, Simpasai-Wilamaci 5 milyar, jalan Tawali-Sape 60 milyar, sementara jalan lintas Bima-Tawali 18 milyar dan jalan di Sila-Bajo dengan pagu anggaran 12 milyar.

Selain itu, ada 17 jembatan yang akan dikerjakan yaitu jembatan Oi Mori II dan III, jembatan Kawinda VI, jembatan Oi Katupa III, V dan VI, jembatan Piong III ,IV, V dan VI, jembatan Boro I dan Boro II, jembatan Sori Kari’i Kiwu-Sampungu, jembatan Kiwu, jembatan Lere III dan IV serta jembatan Sori Sowa ruas Bajo-Sampungu. Untuk Jembatan Sori Sowa dialokasikan anggaran sebesar 7,5 milyar.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Bima, Arief Junaedi, ST, MT, "semua masuk dalam program percepatan pemerintah provinsi karena sudah jadi perda nya," katanya mewakili Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bima, melalui keterangan tertulis yang diterima, Sabtu, (04/01/2020).

Peraturan daerah (Perda) Provinsi yang dimaksud adalah Perda Provinsi NTB nomor 12 tahun 2019 tentang percepatan pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur jalan provinsi dengan pola pembiayaan tahun jamak.

Diputuskan pemerintah provinsi proyek pembangunan jalan dan jembatan di Kabupaten Bima ini merupakan termasuk upaya pemerintah Kabupaten Bima yang terus berkoordinasi melaporkan kondisi jalan di daerah yang dipimpin seorang perempuan itu.

Diakui Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri bahwa iya tidak berpangku tangan dalam percepatan pembangunan di Kabupaten Bima, "kita tidak berpangku tangan lah, buktinya pemprov sudah anggarkan untuk Kabupaten Bima itu hasil koordinasi dan laporan kita," ujarnya.

Diketahui, total anggaran percepatan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang dianggarkan pemerintah provinsi khusus untuk Kabupaten Bima yaitu sebesar 199,46 milyar.

Subhan/indikatorbima.com