STKIP Harapan Bima Bersama LPP Mandala Menggelar Semnas Pendidikan
Cari Berita

Advertisement

STKIP Harapan Bima Bersama LPP Mandala Menggelar Semnas Pendidikan

Minggu, 22 Desember 2019


Indikatorbima.com - Bertempat di Aula STKIP Harapan Bima, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Harapan Bima bersama Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala menggelar Seminar Nasional pendidikan.

Dalam kegiatan yang bertajuk "Perguruan Tinggi Dalam Mengembangkan Pembelajaran di Sekolah" Hadir sebagai narasumber Dr. Juwaidin (Kepala Seksi Pendidik dan Pendidikan SMP Dikbudpora Kabupaten Bima), Syahrir M.Pd (Kepala LPMI Universitas Pendidikan Mandalika), dan Supriadin M.Pd (Dosen Universitas Pendidikan Mandalika).

Ketua Pelaksana Azra Fauzi, M.Pd mengatakan bahwa seminar tersebut merupakan upaya bersama untuk menunjuang peran perguruan tinggi dalam mengamalkan fungsi Tri Darma Perguruan Tinggi, serta membahas peran strategis perguruan tinggi dalam pembelajaran di Sekolah.

"Tujuan kegiatan ini adalah bagaimana menjalankan fungsi pengamalan Tri Darma Perguruan Tinggi, membahas peran strategis perguruan tinggi dan membangun budaya Literasi melalui publishing Artikel ilmiah yang mengangkat masalah yang ada di sekolah maupun perguruan tinggi" Ungkapnya.

Narasumber pertama Supriadin, M.Pd menjelaskan perlunya standar proses pendidikan serta peran guru dalam pencapaian standar pendidikan.

Peran perguruan tinggi sangat strategis sebagai pelopor pembinaan dan pengembangan SDM, hal ini sebagai acuan standar proses pendidikan yang memiliki fungsi dan saling memiliki keterkaitan dengan standar lainya. Perlunya posisi guru dalam standar proses pendidikan untuk menjadi miniatur sebagai pelaksana pada tingkat pendidikan Sekolah Dasar, SMP maupun SMA.

"Standar proses pendidikan merupakan jantung dalam sistem pendidikan bagaimanapun bagusnya standar yang lain apabila di implementasikan dalam standar proses tidak akan terjadi apa-apa," Jelasnya.

Narasumber kedua Syahrir, M.Pd selaku ketua LPMI Undikma Mataram menjelaskan, pentingnya perguruan tinggi dalam menjalankan tugas fungsi Tri Darma Perguruan Tinggi sebagai tujuan dalam mewujudkan perguruan tinggi berbudaya tinggi serta berbudaya mutu.

"Tri Darma perguruan tinggi harus bisa di jalankan dengan maksimal , hal ini di perlunya pemahaman terkait dasar hukum penjaminan mutu, kebijakan serta perlunya instrument evaluasi pada lingkup perguruan tinggi" Tuturnya.

Di tempat yang sama Dr. Juwaidin Ismail juga menjelaskan pentingnya peran Perguruan Tinggi sebagai upaya menyembangkan pembelajaran di sekolah. Hal ini di perlukan strategi dalam mewujudkan fungsi dari perguruan tinggi.

"Strategi andragogi melalui hetaugogi pada Perguruan tinggi sangat di perlukan, sehingga inovasi pembelajaran perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0' dapat terealisasi , apalagi jumlah Dikmas paud, dan warga belajar kabupaten Bima saja mencapai 36.286, maka diperlukan strategi untuk mencapai hal itu," Tutupnya.

Kegiatan yang berlangsung dengan dua sesi tersebut, yaitu sesi penyampaian materi oleh para narasumber dan sesi pemaparan makalah dilaksanakan pada hari Sabtu 21 Desember 2019 kemarin.

Taufiq/Indikatorbima