Potensi Wisata Menarik di Langgudu "Maci Jampa", Tak Ada Dukungan Pemerintah
Cari Berita

Advertisement

Potensi Wisata Menarik di Langgudu "Maci Jampa", Tak Ada Dukungan Pemerintah

Senin, 30 September 2019

Foto bersama pemuda wisatawan Langgudu di Maci Jampa
Indikatorbima.com - Objek wisata yang menarik di Kecamatan Langgudu cukup banyak, sayangnya, potensi yang dimiliki ini belum mampu dikelola secara terstruktur dan terencana dengan baik oleh pemerintah. Potensi wisata ini salah satunya berada di Desa Kangga.

Desa Kangga, tak hanya memiliki potensi wisata di wilayah pesisir pantai berpasir putih dan pemandangan indah, desa Kangga juga memiliki wisata sejarah goa peninggalan Jepang dengan artifak sejarah yang masih lengkap dengan keramahan warganya yang siap melayani pengunjung.

Diketahui, sementara ini wisata ini hanya dikelola swadaya oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa Kangga. Koordinator Pokdarwis, M Rifaid mengatakan bahwa potensi wisata yang luar biasa ini memang perlu keterlibatan pemerintah dan kerjasama pemuda serta masyarakat dalam strategi pengembangannya.

"Harapannya pemerintah bisa berkerjasama dengan pemuda untuk pengembangan wisata yang luar biasa ini, apalagi, wisata di Maci Jampa ini ada mengandung nilai-nilai sejarah tentu menarik untuk dikelola," ungkap pemuda yang akrab disapa Faid itu, Minggu, (29/09/19).

Selain itu, Faid menyampaikan, untuk konsep dan strategi pengembangan potensi wisata ini memang sudah sering kali didiskusikan oleh pemuda, namun memiliki beberapa kendala terkait bagaimana suport pemerintah, terutama pemerintah daerah.

Sementara ini, wisata pantai Maci Jampa ini belum memiliki fasilitas yang memadai, dengan begitupun sudah mampu menarik perhatian wisatawan lokal Langgudu bahkan wisatawan diluar Langgudu untuk berkunjung, hampir setiap harinya, terutama di hari libur.

Salah satu wisatawan asal desa Rupe, M. Saleh mengatakan bahwa tempat wisata pantai Maci Jampa ini luar biasa menarik pemandangannya apa lagi bernilai sejarah. Sebenarnya, menurut pria yang biasa disapa Aleks itu, di Maci Jampa lebih bagus sebenarnya dari tempat-tempat wisata di Lombok dan Bali maupun di tempat lain.

"Tidak kalah dengan tepat wisata di Lombok maupun di Bali, cuma kayak di Bali kan kelengkapan fasilitasnya saja yang lengkap hingga mampu menarik perhatian wisatawan bahkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat, lalu bagaimana jika di Maci Jampa dilengkapi dengan fasilitas yang memadai?, tentu berdampak luar biasa positif untuk masyarakat desa," jelasnya

M. Saleh, sebagai seorang pemuda dan pecinta wisata, berharap pemerintah desa dan daerah bisa mengelolanya dengan baik potensi wisata ini, dengan melibat pemuda dan masyarakat setempat untuk dilakukan pembinaan oleh pemerintah.

Berikut keindahan wisata Maci Jampa:















Subhan/indikatorbima.com