Masyarakat Desa Rupe Gotong-royong Bangun Masjid Al-Ikhsan
Cari Berita

Advertisement

Masyarakat Desa Rupe Gotong-royong Bangun Masjid Al-Ikhsan

Rabu, 18 September 2019

Masyarakat desa Rupe saat bergotong-royong membangun masjid Al-Ikhsan, Rabu, (18/09/2019) siang.
Indikatorbima.com - Masyarakat desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima bergotong-royong bangun masjid Al-Ikhsan. Menurut keterangan dari ketua Karang Taruna "SAHABAT" Desa Rupe, Jiriman, S.Pd, kerja bakti pembagunan masjid yang direhab sejak puluhan tahun lalu ini dilakukan masyarakat dalam kurung waktu enam tahun terakhir ini, baru dua kali masyarakat turun bergotong-royong.

Jirman mengatakan, bahwa sebenarnya gotong-royong sudah menjadi kebiasaan bersama masyarakat desa Rupe, "masyarakat desa Rupe memang terbiasa dengan gotong-royong kalau soal pembangunan yang menjadi milik bersama seperti masjid," ujar Jirman, Rabu, (18/09/2019).

Jirman mengungkap, anggaran sementara untuk melanjutkan pembangunan masjid Al-Iksan ini sementara mengadanalkan sumbangan dari masyarakat desa, baik berbentuk uang bahkan semen dan bahan bangunan lainnya, ada juga sumbangan dari Bupati Bima.

"Mengandalkan sumbangan masyarakat, kalau tidak salah ada sumbangan masyarakat sejumlah 30 juta sedangkan sumbangan Bupati Bima informasinya 50 juta," ungkap Jirman.

Sementara itu, Jirman menjelaskan pembangunan masjid yang desain awalnya memang mewah ini tidak cukup mengandalkan sumbangan dan gotong-royong masyarakat saja, pemerintah juga harus benar-benar mengucurkan anggaran khusus untuk menyelesaikan pembangunan masjid ini.

Selain itu katanya, pemerintah desa harus bisa mencari koneksi lain untuk mendapatkan bantuan anggaran, baik itu di pemerintahan provinsi bahkan diperintah pusat.

"Pemerintah desa harus bisa mencari bantuan anggaran lain selain bantuan pemerintah kabupaten, mengingat pembangunan masjid ini sudah sejak lama direhab," kata Jirman di desa Rupe.

Ini potret masyarakat desa Rupe bahkan ibu-ibu rumah tangga ikut bergotong-royong membangun masjid Al-Ihksan desa Rupe:


Subhan/indikatorbima.com