Gugah Semangat Pelaku UMKM Bima, BNI Syariah Undang Para Motivator Muda
Cari Berita

Advertisement

Gugah Semangat Pelaku UMKM Bima, BNI Syariah Undang Para Motivator Muda

Sabtu, 21 September 2019

Julhaidin, motivator muda Bima saat menyampaikan materi pada kegiatan workshop UMKM, Sabtu, (21/09/19) di Kota Bima.
Indikatorbima.com Dinamika sosial dan perubahan kecenderungan konsumen mengharuskan para Produsen (IKM/UMKM) di Bima untuk terus berinovasi. Hal ini menuntut peran per-Bank-an sebagai penjamin modal untuk menjaga serta merawat semangat pelaku wirausaha untuk terus memacu diri.

Hal ini dilakukan oleh Bank Syariah Cabang Bima, dengan melaksanakan kegiatan 'Workshop UMKM, dan Pelatihan Khasanah Empoverment' bagi para UMKM binaannya, di salah satu hotel hotel di Kota Bima, mulai pagi hingga sore hari ini, Sabtu, (21/09/19).

Salah seorang Motivator yang diundang untuk menyampaikan materi 'Success Story' adalah, Julhaidin, Founder Babuju Mandiri Bima. Pria yang akrab dengan nama Rangga Babuju ini, juga terbilang sukses memotivasi generasi muda Bima dalam beberapa tahun terakhir. Rangga memaparkan tentang kunci sukses anak-anak muda Bima yang telah meniti 'anak tangga' berwirausaha di usia muda.

"Saya tahu persisi bagaimana mereka-mereka yang kini tengah 'naik daun' di Dunia Usaha di Bima ini. Kita kerap berdecak kagum ketika melihat mereka menaiki tangga pesawat, tanpa melihat bagaimana mereka menaiki anak tangga usaha hingga saat ini," ungkap Julhaidin dihadapan puluhan peserta Workshop itu.

Lebih lanjut, tegas lelaki yang 'menggawangi' beberapa unit usaha ini, bahwa usaha yang dibangun di Bima terutama bagi yang star up, selalu dihambati oleh stigma dan paradigma sosial yang masih menekankan bahwa bekerja itu adalah 'berseragam' (ASN, TNI, Polri, Perawat, dll).

"Ini menjadi tantangan tersendiri bagi entrepreneur pemula atau star up. Dan tentu saja akan menghambat iklim tumbuh kembangnya dunia wirausaha ditengah banyak daerah yang sedang memacunya dengan berbagai strategi menuju Kemandirian dan kesejahteraan Bangsa," tegas Motivator muda berambut gondrong itu.

Menurut Rangga, dunia per-Bank-an wabil khusus per-Bank-an syariah seperti BNI Syariah sudah cukup siap untuk mem-backup dan mendampingi para wirausaha, tetapi ditataran birokrasi hingga saat ini masih 'setengah hati', "kenapa demikian?, karena birokrasi kita masih didominasi oleh kebijakan politis ketimbang investasi strategi berwirausaha. Pelaku usaha lebih memilih 'B To B' (Bisnis to Bisnis) ketimbang 'B To G' (Bisnis To Goverment)," pungkasnya pada keterangan tertulis yang diterima.

Dalam kegiatan ini, hadir Branch Manager BNI Syariah Cab Bima Sulaiman Husain beserta karyawan BNI Syariat Lainnya. Dinas Perindag Kota Bima. Ustadz Nehru, founder Susu Kuda 88 yang juga sebagai Pembicara dalam kegiatan ini. Dan dipandu oleh Krisna, sehingga membuat suasana Workshop semakin hidup.

Subhan/indikatorbima.com