Evakuasi Warga Bima Dompu Dari Wamena; BCC Kirim Tim Trauma Healing
Cari Berita

Advertisement

Evakuasi Warga Bima Dompu Dari Wamena; BCC Kirim Tim Trauma Healing

Senin, 30 September 2019

Indikatorbima.com - Seminggu terakhir, eskalasi Konflik yang terjadi didaerah Wamena Jayawijaya semakin meningkat, disebut, puluhan warga pendatang dibunuh dan ratusan rumah dan ruko dibakar. Menyebabkan ribuan warga mengungsi Keluar dari Wamena.

Diinformasikan pula bahwa ada 153 warga NTB yang mengungsi dari rumah mereka masing-masing ke Markas Kepolisian, Koramil dan Kodim di Wamena. Minggu, (29/09/19) terdata 42 warga Bima diterbangkan dari Wamena ke Jayapura menggunakan Hercules C-130 dan Pesawat Trigana.

Minggu lalu sejak penyerangan kota Jayapura, Babuju Care Center (BCC) telah mengutus salah seorang anggotanya menuju Jayapura untuk melakukan pendataan warga NTB khususnya Bima dan Dompu.

"Iya, kami berkoordinasi dengan Mansyur, anggota Babuju 07 yang sudah berada di Jayapura hingga saat ini," Ungkap Rangga Babuju, Penanggung jawab BCC.

Lebih lanjut, kata Rangga Babuju menjelaskan bahwa saat ini melalui Mansyur, tengah berkoordinasi dengan berbagai pihak di Jayapura baik dengan aparat TNI, Polri, BNPB maupun dari Perwakilan Pemprov NTB untuk melaksanakan evakuasi warga Bima Dompu dari Wamena menuju Jayapura melalui Bandara Sentani dengan Hercules C-130 dalam 3 kali penerbangan.

"Info yang saya terima dari Koordinator BCC di Bandara Sentani bahwa warga Bima Dompu dan NTB pada umumnya saat ini sudah berada di Asrama Yonif-751/ Raider - Prepare Sentani," Jelasnya.

Kaitan dengan hal itu, Rangga Babuju akan menuju Jayapura untuk membantu kawan-kawan yang sudah terlebih dahulu di Jayapura hari Senin besok. "Mereka butuh Tim Trauma Healing, pasca konflik dan kekerasan dihadapan mereka saudara kita Bima Dompu. Besok saya menuju Jayapura, bergabung dengan warga yang dievakuasi sembari menunggu proses pemulangan ke NTB," tutupnya.

Warga Pengungsi dalam kondisi logistik tercukupi dan tempat yang nyaman. Tim BCC akan membekali diri dengan Obat-obatan dan Vitamin serta kebutuhan balita dan anak-anak hingga proses pemulangan ke NTB dilakukan.

Bagi yang ingin berbagi untuk menambah kebutuhan Vitamin dan obat-obatan bisa langsung menghubungi Rangga Babuju via WA/Contak: 085337101414 atau via Masangger akun FB Rangga Babuju.

Subhan/indikatorbima.com