Pemuda Rupe Ragukan Komitmen Camat Langgudu Membentuk Karang Taruna
Cari Berita

Advertisement

Pemuda Rupe Ragukan Komitmen Camat Langgudu Membentuk Karang Taruna

Sabtu, 03 Agustus 2019

Supriadin, Kabid Humas FPKT 'SAHABAT' Desa Rupe, (dok. Pribadi Supriadin).
Indikatorbima.com - Wacana pembentukan Karang Taruna Kecamatan Langgudu kembali dipertanyakan pemuda yang tergabung dalam Forum Pengurus Karang Taruna (FPKT) 'SAHABAT' Desa Rupe, Sabtu, (02/08/19).

Pemerintah Kecamatan Langgudu yang seharusnya memiliki kewajiban membentuk organisasi yang bertujuan mewujudkan perkembangan masyarakat yang berkualitas, cerdas, inovatif dan berkarakter itu, Camat dinilai tidak komitmen. Pasalnya, belum lama ini Camat Langgudu menyatakan sikapnya bahwa pembentukan organisasi ini akan difasilitasi pada akhir Juli 2019, hingga pemuda menunggu langkah konkret Camat Langgudu.

Hal ini disampaikan Supriadin, pengurus Karang Taruna Desa Rupe, Ketua Bidang Hubungan Masyarakat, "Boleh diragukan soal komitmen Camat dalam pembentukan organisasi ini, sebab sampai sekarang belum ada kejelasan, hanya wacana belaka," ucapnya.

Lebih lanjut, aktivis jebolan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Makassar ini mengatakan, pentingnya organisasi sebagai wadah dan sarana pengembangan anggota masyarakat ini untuk segera dibentuk, karena di Kecamatan Langgudu ia anggap kurang sekali pembinaan terhadap pemuda melalui organisasi.

Apa lagi, katanya, ratusan pemuda di Langgudu memiliki potensi yang luar biasa untuk dikembangkan, hanya saja tidak dilakukan pembinaan oleh pemerintah. Melalui Karang Taruna yang juga merupakan organisasi sosial kemasyarakat ini, menurut Supriadin, pemuda dapat lebih aktif berkontribusi untuk masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

"Pemuda Langgudu harus dibina melalui organisasi, karena pemuda adalah ujung tombak perubahan untuk masa depan bangsa," tegas Supriadin, pemuda lulusan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Timur ini di Desa Rupe.

Sebab itu, Supriadin yang biasa disapa Uppu itu kembali menegaskan bahwa Camat Langgudu harus segera dan secepatnya menfasilitasi pembentukan Karang Taruna Kecamatan, dan jangan sampai alasannya karena terlalu sibuk mengawal dan mengotrol jalannya proses Pilkades ataupun perekrutan BPD.

"Kalau alasannya mengotrol dan mengawal proses Pilkades dan Perekrutan Anggota BPD, artinya itu bukanlah seorang pemimpin di wilayah. Tak ada alasan sibuk bagi pemimpin," tutupnya.

Subhan/indikatorbima.com