Mahasiswa KKN Terpadu Posko Desa Mpuri Gelar Seminar Pemberdayaan
Cari Berita

Advertisement

Mahasiswa KKN Terpadu Posko Desa Mpuri Gelar Seminar Pemberdayaan

Rabu, 07 Agustus 2019

Foto bersama mahasiswa KKN, pemerintah Desa beserta masyarakat usai kegiatan seminar, Rabu, (07/08/19).
Indikatorbima.com - Mahasiswa PPL/KKN terpadu posko desa Mpuri Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima angkatan ke IV tahun 2019 STKIP Taman Siswa Bima Gelar Seminar Pemberdayaan, Rabu, (07/08/19) di Desa Mpuri. Kegiatan yang bertajuk "Kontribusi Pemerintah Desa dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Desa Menuju Masyarakat Beradab" ini dihadiri puluhan masyarakat desa.

Seminar perberdayaan ini merupakan salah satu program khusus yang disusun oleh mahasiswa KKN terpadu dengan orientasi memberikan penyadaran terhadap masyarakat dengan membuka peluang usaha dan peningkatan pertanian masyarakat desa.

Hal ini disampaikan ketua Panitia Acordin dalam laporannya, ia mengatakan bahwa, kegiatan ini adalah salah satu cara memberikan suntikan penyadaran untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada kepada masyarakat desa, menurutnya, hal tersebut harus dimulai dari suntikan oleh kedua orang tua kepada generasi.

Sementara Buhari, Ketua Posko KKN Terpadu desa Mpuri menyampaikan, dalam upaya peningkatan ekonomi desa mustinya dimulai dari, pemerintah desa harus mengalokasikan anggaran sebagai pembinaan khusus pemuda.

"Pemerintah desa juga musti memperhatikan pemuda agar tiap tahun mengirim pemuda untuk melakukan pelatihan wirausaha dan pengembangan pertanian," ujar Buhari.

Selain itu, pemerintah desa Mpuri yang diwakili Sekertaris, Ihwansyah, S.Pd yang membuka secara resmi kegiatan seminar ini mengakui, bahwa potensi sumberdaya alam desa Mpuri Sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi masyarakat, mulai dari ternak, pertanian lebih-lebih kewirausaha.

Terpisah, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mahasiswa KKN posko desa Mpuri, Nurnaningsih, M.Pd mendukung program mahasiswa KKN posko Desa Mpuri termasuk seminar pemberdayaan ini. Menurutnya, melalui seminar ini masyarakat desa Mpuri memperoleh pembinaan sosial sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan ekonominya.


"Dengan adanya seminar pemberdayaan ini, masyarakat Mpuri memperoleh pembinaan sosialisasi yang nantinya dijadikan langkah praktis untuk membangun kemampuan masyarakat dan mengembangkan potensi menjadi tindak nyata dalam kehidupan sehari-hari agar bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi dari tingkat yang lebih baik," kata Nurnaningsih, M.Pd saat dihubungi.

Reporter : Nasrullah Syaf
Editor      : Subhan