PJ Kades Angkat Bicara Soal Kasus Pembukaan Jalan di Desa Rupe, Meminta Dua Syarat Ini
Cari Berita

Advertisement

PJ Kades Angkat Bicara Soal Kasus Pembukaan Jalan di Desa Rupe, Meminta Dua Syarat Ini

Rabu, 10 Juli 2019

Pejabat Kepala Desa Rupe, Marwin, S.Pd (tengah) beserta Camat Langgudu, Abubakar, SH saat memberikan penjelasan kasus yang dipertanyakan pemuda Karang Taruna Desa Rupe di Paruga Desa, Rabu, (10/07/19).
Indikatorbima.com - Pembangunan dan pembukaan jalan So Kasarokai Karombo Nipo di Desa Rupe, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima yang dikabarkan tidak sesuai peraturan yang berlaku, kini mulai disoroti dan dipertanyakan pemuda dan masyarakat Desa Rupe, melalui forum audiensi di Paruga Desa, Rabu, (10/07/19).

Pembangunan jalan ini, sudah dilaksanakan pada tahun 2018 lalu, namun untuk pembayaran belum bisa dilakukan karena tidak sesuai regulasi, sebab pemerintah Desa yang dipimpin Drs. Mukhtar (mantan Kades) merencanakan pembayaran pembangunan dan pembukaan jalan ini yaitu dibayar pada tahun 2019, artinya dibebankan pada APBDes 2019.

Dengan kasus ini, Pejabat Kepala Desa, Marwin, S.Pd menjelaskan bahwa dirinya sejak lama meminta kepada mantan Kades untuk dibuat berita acara yang menjadi kesepakatan bersama antar mantan Kepala Desa, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Pemerintah Desa saat ini terkait pembangunan jalan tersebut.

Namun atas permintaan itu Marwin, S.Pd mengatakan tak pernah ada dibuatkan. Sebelum berlangsung acara audiensi bersama puluhan pemuda Karang Taruna Desa ini pun, PJ Kades langsung membuatkan surat kesepakatan tersebut untuk ditanda tangani bersama saat audiensi itu.

"Saya minta kepada mantan kepala Desa dibuatkan berita acara kesepakatan, mulai saat itu berita acara itu belum muncul, akhirnya tadi saya membuatkan, tinggal mereka mau tanda tangan atau tidak," tutur PJ Kades, Marwin, S.Pd memulai acara audiensi.

Menurutnya, kalau berita acara tersebut tidak mau ditanda tangani, artinya ia sengaja dijebak dan dijerumuskan ke jeruji, "saya minta harus ada kesepakatan awal sebelum dilaksanakan jalan itu," tegas Marwin, S.Pd di forum audiensi yang juga dihadiri Camat Langgudu, Abubakar, SH dan mantan Kades Rupe, Drs. Mukhtar itu.

Diketahui, isi berita acara yang dibuat itu terdapat tiga poin kesepakatan, yaitu membuka jalan ekonomi di So Kasarokai Karombo Nipo dan dikerjakan tahun 2018, dan jalan ekonomi ini akan dibebankan pada anggaran Desa tahun anggaran 2019 yaitu pada APBDes 2019. Sedangkan selanjutnya yaitu siap bertanggungjawab secara hukum bila pekerjaan ini bermasalah menurut aturan yang berlaku.

Marwin, S.Pd sebagai PJ Kades Rupe, juga menyatakan bahwa ia hanya meminta penandatangan berita acara tersebut serta meminta surat rekomendasi dari pihak inspektorat Kabupaten Bima.

"Hanya ini yang saya minta. Dan permintaan saya itu harus ada rekomendasi dari inspektorat, alhamdulillah sekarang sudah dilakukan proses disana," tuturnya.

Selain itu, Marwin, S.Pd juga menyampaikan kepada forum audiensi bahwa ia bersama ketua BPD dan mantan Kades Rupe sudah di lakukan pemeriksaan oleh pihak inspektorat belum lama ini. Saat pemeriksaan itu kata Marwin, ia siap bila dilengkapi dengan berita acara dan rekomendasi inspektorat.

"Sekarang persoalan itu telah sampai ketingkat inspektorat dan kami sudah diperiksa dan insyaallah nanti akan turun di lokasi, tinggal melihat lokasi," tutup Marwin, S.Pd.

Dalam forum audiensi ini Ketua BPD Desa Rupe dan Sekretaris Desa Rupe tidak dapat menghadiri acara audiensi bersama pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna SAHABAT Desa Rupe.

Subhan/indikatorbima.com