Mirisnya Problem Pendidikan Indonesia Saat ini
Cari Berita

Advertisement

Mirisnya Problem Pendidikan Indonesia Saat ini

Selasa, 02 Juli 2019

Foto: Penulis
Kualitas pendidikan sekarang ini di Indonesia sangatlah memperhatikan hal tersebut dilihat dari pembuktian dari data UNESCO dari perintahnya indeks pengembangan manusia dalam pendidikan saat ini. Selain itu juga kualitas pendidikan saat ini sangatlah rendah itu juga ditujukan dari data Balitbang bahwa di Indonesia ternyata hanya delapan sekolah saja yang teelah mendapatkan pengakuan dunia dalam kategori The Primary Program.

Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini berada pada urutan ke-12 dari 12 negara Asia. Indonesiapun meliki daya saing yang sangatlah rendah tentang kualitas pendidikan yaitu hanya mendudukan urutan ke-37 dari 57 negara yang telah disurve di dunia. Sedangkan diluar negari telah berkembang pesat tentang kemajuan pendidikan.

Penyebab rendahnya pendidikan di Indonesia saat ini adalah efektifitas, efesiensi dan standardisasi pelajaran. Hal tersebut masih terjadinya permasalahan pendidikan Indonesia pada umunya. Selin itu terdpat permasalhan khusus dunia pendidikan adalah rendahnya kualitas guru, rendanya sarana fisik, rendahnya kesejahtraan guru, rendahnya prestasi siswa, rendahnya kesempatan pemerantaan pendidikan, rendahnya reverensi pendidikan dengan kebutruhan, mahalnya biaya pendidikan.

Kemuan cara melkanakan kemajuan pendidikan di Indonesia sudah tentu tidaklah terlepas dari tujuan pendidikan di Indonesia, selain itu perkembangan pikiran sebagai besar dilakukan disekolah atau perguruan-perguruan tinggi melalui bidang study yang telah dipelajarai. Yang telah dipikiran para siswa atau mahasiswa diasah melalui pemecahan soal-soal pemecahan perbagai masalah menganalisis sesuatu sertakan penyimpulan.

Solusi dari permasalahan tersebut dengan cara garis yang besar dapat diberikan yaitu perkembangan dunia di eraoblasisai saat ini memang masih sangat banyak menuntut perubahan sistem pendidikan nasional yang menjadi lebih baik serta mampu untuk bersaing secara sehat dalam segala bidang pelajaran. Kemudian salah satunya cara yang harus dilakukan untuk kemajuan bangsa Indonesia agar tidak tertinggal dengan Negara-negara yang saat ini pendidikan telah maju pesat sedangkan di Indonesia sangatlah rendah kualitas pendidikan dibandingkan dinegara-negara yang maju saat ini.

Pendidikan sangatlah berperan sangat penting demi kemajuan bangsa ini untuk melakukan persaingan alakah lebih baiknya mampu untuk bersaing secara sehat dalam segala bidang apapun. Kemudian salah satu cara yang harus dilakukan kedisplinan, beljar dengan serius demi kepajuan pendidikan di Indonesia ini. Untuk solusi dalam hal ini adalah dengan mengubah sistem-sistem social yang telah terkait dengan sistem pendidikan. Seperti halnya pendidikan yang sangat terkait dengan sisitem ekonomi.

Sistem di Indonesia saat ini yang perlu berprinsip anatra lain meminimalkan peran pertangung jawaban Negara dalam urusan publik, termasuk dengan perbedaan pendidikan. Yang telah menyakut perihal tentang pembiayaan seperti rendahnya sarana fisik, kesejahteraan guru, dan mahalnya biaya pendidikan yang berate telah menuntut perubahan sistem ekonomi yang telah ada saat ini. Akan tetapi sangat kurang efektif untuk kita terapkan sistem pendidikan islam dalam atmosfer sistem ekonomi kapasitas yang kejam. Maka dari itu, perlu kapasitalisme wajib untuk di hentikan dan diganti dengan sistem ekoni islam yang telah bergaris bawahkan oleh pemerintah-lah yang akan mempertangung segalanya tentang biaya pendidikan Negara ini.

Selain itu pun terdapat penyebab rendahnya kualitas guru misalnya, disamping diberi sosuli untuk meningkatkan kesejahteraan, juga diberi solusi dengan membiayai guru meljutkan jejang pendidikan yang lebih tinggi, dan memberikan pelatihan berbagai penikatan kualitas guru. Selain itu pun terdsapat redahnya prestasi siswa misalkan diberikan soslusi dengan meningkatakan kualitas dan kuatintas materi pembelajaran bukan dengan meningkatkan jam berlajar yang berlebihan karena hal itu dihalat dari kemapuan siswa sudah memenuhi pelajaran atau sudah memahamni.

Selanjutyan harapan saya yang sudah saya tulis tentang permasalahan pendidikan di Indonesia saat ini adalah agar kedepannya pendidikan di Indonesia semakin meningkat dan semakin membaik lagi. Dengan syarat berubahan dilakukan dengan diri sendiri untuk pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi. Selain itu ingin saya lakukan tentang pendidikan di Indonesia adalah menanamkan kesadran diri untuk mempunyai rasa betapa pentingnya pendidikan dan selalu mengucapkan syukur alhamdulilah karana saat ini kita masih bisa terus mengejar pendidikan yang lebih baik. Maka dari itu saya terus beljar tampa lelah demiu menjapau pendidikan yang terbaik sehingga bisa mempunyai ilmu pengetahuan yang luas.

Penulis: Devi