Komisi X DPR Sambut Positif Rencana Jokowi Datangkan Rektor Asing
Cari Berita

Advertisement

Komisi X DPR Sambut Positif Rencana Jokowi Datangkan Rektor Asing

Minggu, 28 Juli 2019

Indikatorbima.com - Presiden Jokowi berencana merekrut sejumlah rektor dan tenaga pengajar dari luar negeri untuk membantu pendidikan di Indonesia.

Gagasan Jokowi tersebut disampaikan saat bertemu dengan 100 seniman dan musisi di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (17/7/2019) lalu.

Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi X DPR RI Titik Prasetyowati Verdi menilai bahwa rekrutmen tenaga pendidik dari luar negeri tersebut merupakan upaya untuk mempercepat transfer ilmu pengetahuan.

Titik bilang dosen asing yang direncanakan pemerintah untuk mengajar di beberapa universitas Indonesia itu juga sekaligus membentuk iklim akademisi tanah air, agar bisa mampu bersaing di kancah internasional.

“Mekanisme ini yang pak Jokowi ingin terapkan, dan semoga berhasil gitu lho,” tutur Titik, Sabtu, (27/7/2019).

Selain meningkatkan kemajuan ilmu pengetahuan, langkah tersebut dinilai penting dilakukan guna menjawab berbagai tantangan dunia pendidikan masa depan.

Politisi NasDem itu pun meminta kepada sebagian pihak agar jangan langsung kritisi dan memandang dari satu sisi terkait wacana rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akan dipimpin oleh warga negara asing.

Karena, menurut Titik, PTN yang dipimpin rektor asing itu nantinya bisa meningkatkan universitas Indonesia dan membantu para akademisi untuk bisa berprestasi di level dunia.

“Jadi, rasanya memang kalau orang memandang dari satu sisi, apalagi dari praktisi dan rektor merasa tersinggung atau apalah, tapi menurut saya jangan tersinggung dulu, marilah kita positifthinking aja,” pungkas Titik Prasetyowati Verdi. (DIS-BS).

Subhan/indikatorbima.com