Camat Langgudu Tanggapi Tuntutan Masyarakat Kalodu
Cari Berita

Advertisement

Camat Langgudu Tanggapi Tuntutan Masyarakat Kalodu

Kamis, 20 Juni 2019

Camat Langgudu, Abubakar, SH (tengah), (Sumber : Facebook Abubakar Bima-dokumen pribadi)
Indikatorbima.com - Camat Langgudu, Abubakar, SH menanggapi tiga tuntutan aliansi masyarakat peduli kampung yang melakukan aksi demontrasi di kantor Camat Langgudu, Kamis, (20/06/19).

Masyarakat Desa Kalodu yang tergabung dalam aliansi tersebut meminta kejelasan SK BPD, transparasi anggaran dana desa Kalodu tahun 2017-2018 dan menolak surat pertanggungjawaban (SPJ).

Abubakar, SH menyarankan kepada anggota BPD, kepengurusan BPD Desa Kalodu untuk segera dilaksanakan rapat pleno menentukan ketua BPD, "dan mengganti anggota BPD yang meninggal sesuai dengan prosedur dan mekanisme penggantian antar waktu," ujar Abubakar, SH kepada indikatorbima.com.

Sementara, untuk transparansi dalam pengelolaan dana desa, menurut Camat Langgudu harus mengedepankan prinsip partisipatif, transparan, akuntabel dan terukur.

"Oleh karena itu dalam pelaksanaan evaluasi penyusunan RAPBDES dilakukan secara terbuka dan transparan," tutur Abubakar, SH

Camat Langgudu pun menekankan, apabila dalam penggunaan dana desa terdapat indikasi penyimpangan dan penyalahgunaan, maka pihak terkait dapat melakukan pemeriksaan khusus.

Selain itu, Abubakar, SH menyampaikan, bahwa pembinaan pemerintah Kecamatan terhadap pemerintah desa Kalodu masih dalam tahap evaluasi dokumen RKPDes dan APBDes.

"Dikarenakan masih ada yang harus diperbaiki lampiran- lampirannya yang menjadi kelengkapan dokumen dimaksud," ungkap Camat Langgudu, Abubakar, SH saat dihubungi wartawan indikatorbima.com melalui whatsApp.

Diketahui, saat aliansi masyarakat dari Desa Kalodu ini melakukan aksi di kantor camat Langgudu, Camat, Abubakar, SH tak ada dikantor untuk menjawab langsung tuntutan-tuntutan masa aksi.

Subhan Al Karim/indikatorbima.com