Hebat! IDM Desa Tawali Berstatus Desa Maju, ini Target Kades Kedepan
Cari Berita

Advertisement

Hebat! IDM Desa Tawali Berstatus Desa Maju, ini Target Kades Kedepan

Rabu, 29 Mei 2019

Foto: Kepala Desa Tawali Abdul Muis, H. Amalaik memakai pexi hitam.
Indikatorbima.com - Setelah dilakukan pengukuran Indeks Desa Membangun (IDM), Pada hari Selasa 28 Mei 2019 oleh pendamping desa, Desa Tawali Kecamatan Wera Kabupaten Bima ditetapkan dengan status desa maju, Rabu (29/05/19).

"Sesuai dengan hasil pengisian IDM Indeks Desa Membangun yang diisi oleh pendamping dan perangkat desa pada form yang disediakan berdasarkan fakta. Sehingga dengan sendirinnya akan muncul status desa maju," Kata Abdul Muis, H. Amalik Kepala Desa Tawali kepada Indikator Bima News.

Berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) pemutakhiran status perkembangan desa IDM. Desa Tawali ditetapkan statusnya sebagai desa maju dengan nilai IDM 0.7256. Dengan rincian sebagai berikut: Indeks Ketahanan Sosial (IKS) 0.7600, Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE) 0.8167, Indeks Ketahanan Lingkungan (IKL) 0.6000.

Lebih lanjut, Abdul Muis, H. Amalik mengungkapkan bahwa pihaknya menargetkan status desa Tawali meningkat menjadi desa mandiri dengan cara menjemput program diluar dana desa.

"Target saya kedepannya meningkatkan status desa Tawali menjadi desa yang mandiri. Tentunya saya bersama perangjat desa harus berkerja keras untuk menjemput program diluar dana desa sehingga kebutuhan masyarakat bisa tercapai dan masyatakat desa tawali menjadi sejahtera," Ungkapnya.

Tahun sebelumnya, IDM Desa Tawali masih menyandanga status sebagai desa berkembang.

Seperti yang diketahui, Indeks Desa Membangun adalah Indeks Komposit yang dibentuk dari Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi Desa.

Indeks Desa Membangun merupakan indeks komposit yang terdiri dari:
a. Indeks Ketahanan Sosial (IKS);
b. Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE); dan
c. Indeks Ketahanan Lingkungan (IKL).

Desa Maju, atau bisa disebut sebagai Desa Pra Sembada adalah Desa yang memiliki potensi sumber daya sosial, ekonomi dan ekologi, serta kemampuan mengelolanya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa, kualitas hidup
manusia, dan menanggulangi kemiskinan.

Reporter: Furkan
Editor: Fuad