Puskesmas lambu melakukan sosialisasi dan penyuluhan HIV/AIDS di tingkat desa
Cari Berita

Advertisement

Puskesmas lambu melakukan sosialisasi dan penyuluhan HIV/AIDS di tingkat desa

Ginanjar Gie
Jumat, 12 April 2019

Foto : Foto bersama anggota sosialisasi bersama masyarkat
Indikatorbima.com- Puskesmas lambu, menggelar sosialisasi bahaya HIV/AIDS kepada masyarakat Hidirasa . Upaya itu untuk mencegah penularan virus Human Immunodeficiency Virus dan  Acquired Immune Deficiency Syndrome  (HIV/AIDS)  di kalangan masyarakat.
“Kegiatan yang kami lakukan penyuluhan tentang bahaya HIV/AIDS dan bagaimana penularan virus tersebut, selain itu kami juga tes darah,” kata staf Penangung jawab progremer, Lukman S.kep, Kamis (11/04/2019).
Lukman menyebutkan, penyuluhan tentang bahaya HIV/AIDS sengaja menyasar ke masyarakat  agar mereka paham soal bahaya virus HIV/AIDS.  Sosialisasi  dihadiri sekitar 30  orang, namun  yang bersedia dites darahnya hanya 13 orang, termasuk wariah  dan lasbien dan masyarakat yang di targetkan secara khusus.

“Penyuluhan yang dilakukan di tingkatan masyarakat itu di di lakukakan di desa HIDIRSA kec lambu, selain itu kegiatan penyuluhan HIV/AIDS juga bakal dilakukan sosialisasi di tingkat desa se kecamatan lambu. ,” kata penanggung jawab program HIV/AIDS puskesmas lambu

Progremer juga menggelar penyuluhan HIV/AIDS di kampung dengan tingkat pelaksanaan bisa lebih dari sekali per tahun karena wilayahnya yang luas.  Lukman berharap sosialiasi dan penyuluhan itu dapat merespon masyrakat tentang bahaya HIV/AIDS ini dengan baik agar mereka tidak terinfeksi virus.

Ia juga menyatakan penyuluhan yang di sampaikan itu dapat bermanfaat bagi masyarakat, karena penyakit ini belum ada obatnya.

“Yang diharapkan informasi baik dan benar tetang kesehatan reproduksi, infeksi menular seksual dan HIV/AIDS dapat dipahami dan dimengerti oleh masyarakat dengan baik. Dan mereka dapat melindungi diri,” kata  lukman berharap.

Ma'asih, masyarakat asal hidirasa mengaku baru tahu tentang bahaya HIV/AIDS. “Saya dengar dari penyuluhan HIV ini dapat menular lewat apa saja,” kata Ma'asih

Ma'asih yang ikut menguji darah awalnya mengaku takut, namun ia beranikan diri untuk memastikan apakah terinveksi atau tidak. “Semoga tidak, dan tetap aman,” kata masyarakat asal Hidirasa itu.

Penulis : Anton sangaji