Kenaikan Harga Bawang Merah Menyulut Kemarahan Emak-emak
Cari Berita

Advertisement

Kenaikan Harga Bawang Merah Menyulut Kemarahan Emak-emak

Ginanjar Gie
Jumat, 12 April 2019

Foto : Ilustrasi Tulisan
Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati dan air, baik yang diolah maupun tidak diolah, yang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia termasuk bahan tambahan pangan. dan bahan lain yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan, dan pembuatan makanan atau minuman. (UU RI No. 7/1996 tentang pangan). Sehingga bahan pangan ini sangat urgent  untuk meningkatkan gizi baik bagi manusia.

Dikutip dari Cnn indonesia 1/4/19 bahwa harga bawang putih ukuran sedang dan bawang merah ukuran sedang kompak naik per 1 April 2019. Kenaikan masing-masing mencapai Rp 1.150 per kg dan Rp 500 per kg menjadi Rp 34.750 dan Rp 37.550 secara rata-rata nasional.

Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Ismail Wahab mengatakan, selama 23 tahun kebutuhan bawang putih Indonesia tergantung dari impor. Dia menilai ada upaya pembiaran selama ini dalam kebijakan impor bawang putih secara terus-menerus, sebab nilai keuntungan bagi importir cukup menggiurkan. (Republika.Co.Id 03/04/2019)

Kenaikan bawang merah sebagai bahan pangan yang urgent, dapat menimbulkan kenaikan pagan yang lain. Apabila kenaikan ini terus menerus dapat menyebabkan inflasi yang membahayakan perekonomian indonesia dan masyarakat semakin terbebani.

Fenomena kenaikan bawang merah yang menyulut kemarahan masyarakat terutama kalangan ibu rumah tangga, yang paling merasakan dampak kenaikan ini. Berbagai kritikan yang dilontarkan oleh mereka terhadap pemerintah, ini suatu hal yang wajar. Karena mereka semakin dipersulit dalam memenuhi kebutuhan sehari-sehari.

Inilah bukti kegagalan pemerintah dalam mengatasi pemenuhan pangan di sektor pertanian. Padahal sektor ini, merupakan salah satu sumber primer ekonomi disamping perindustrian, perdagangan, dan tenaga manusia ( jasa ). Sehingga dapat dikatakan sektor pertanian salah  satu dari pilar ekonomi.

Apabila permasalahan pertanian tidak dapat dipecahkan akan mengakibatkan goncangnya perekonomian negara. Tentu permasalahan hidup yang terjadi saat ini, tidak terlepas dari sistem yang diterapkan oleh negara yakni sistem kapitalisme, sumber dari segala permasalahan hidup manusia.

Islam adalah agama yang sempurna. Memiliki aturan yang lengkap bagi manusia, lantas bagaimana solusi dalam islam untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat?

 Jawabannya ada dalam politik pertanian islam, yang diarahkan untuk peningkatan produksi pertanian dan kebijakan pendistribusian yang adil, sehingga kebutuhan pokok masyarakat terpenuhi. Dan politik pertanian islam ada, ketika syariat islam diterapkan dalam naugan khilafah.

Penulis : Yusie Herdina( Mahasiswi Universitas Mataram)