Tebing Sungai Terkikis, Puluhan Rumah Warga Terancam Hanyut
Cari Berita

Advertisement

Tebing Sungai Terkikis, Puluhan Rumah Warga Terancam Hanyut

Kamis, 03 Januari 2019

Foto: Kondisi terkini tebing sungai desa Sangiang (sumber: Akun Facebook @Nasrul Katiano).
Indikatorbima.com - Tebing Sungai di Dusun Bronjong, Desa Sangiang, Kecamatan Wera Kabupaten Bima semakin terkikis oleh luapan air sungai. Puluhan rumah warga terancam hanyut oleh aliran sungai, Kamis (03/01/19).

Sekertaris Desa Sangiang, Nasrullah, S.Hut mengatakan bahwa, kondisi tebing sungai sangat mengkwatirkan, puluhan rumah warga dan sebuah pabrik penggilingan padi milik warga sekitar terancam hanyut.

"Kondisi terkini tebing sungai Desa Sangiang, volume luapan air terus meningkat. Beberapa rumah dan pabrik penggilingan milik warga terancam," katanya.

Curah hujan yang cukup tinggi membuat aliran sungai semakin meningkat. Pada musim hujan tersebut, banjir tidak dapat dihindari.

Wiro Ardiansyah, Salah satu pemuda desa setempat mengatakan bahwa, masyarakat Desa Sangiang khususnya di Dusun Bronjong hidup dalam keadaan waspada. Jika arus banjir semakin meningkat, masyarakat bisa saja kehilangan harta benda, bahkan nyawanya.

"Setiap hari masyarakat selalu waspada dengan keadaan yang setiap saat akan merenggut harta benda bahkan nyawa," terangnya.

Seperti yang diketahui, pada tahun 2018 lalu, Pemerintah Kabupaten Bima dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat sudah turun dan melakukan peninjauan, bahkan melakukan pengukuran dan pemetaan disekitar wilayah tebing sungai untuk diperbaiki. Namu hingga saat ini, belum juga ada perbaikan.

Reporter: Furkan
Editor : Amar