Peduli Masalah Kedaerahan, Pemuda dan Mahasiswa Bima-Makassar Bentuk ARD
Cari Berita

Advertisement

Peduli Masalah Kedaerahan, Pemuda dan Mahasiswa Bima-Makassar Bentuk ARD

Ginanjar Gie
Minggu, 20 Januari 2019

Foto : Pengukuhan ketua organ aktivis rakyat
Pada tanggal 14 Januari 2019 lalu, pemuda dan mahasiswa Bima yang berada di Makassar membuat sejarah baru dengan membentuk Oraganisasi Aktivis Rakyat Daerah. Organisasi yang bertujuan untuk mewujudkan aktivis kedaerahan sebagai basis demokrasi kerakyatan ini mengangkat saudara Rahimun dari Kecamatan Wera dan Tri Harianto dari Kecamatan Woha sebagai Jendral dan Sekjen untuk menahkodai organisasi ini selama 1 periode ke depannya.

Saudara Idhen selaku penggagas Aktivis Rakyat Daerah mengatakan kepada Indikator Bima, bahwa organisasi ini lahir karena keresahannya melihat masalah-masalah kedaerahan yang begitu lambat direspon oleh teman-teman pemuda dan mahasiswa Bima- Dompu.

“Saya mengamati terus bagaimana gerakan teman-teman mahasiswa Bima-Dompu belakangan ini yang begitu lambat merespon setiap kali ada masalah yang ada di daerah. Alhasil, pemerintah hanya nina bobok di ruang kerjanya karena tidak ada desakkan dari kita sebagai penyambung lidah rakyat,” ujarnya.

Selanjutnya, pemuda yang baru saja menjadi alumni di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar ini mengungkapkan, bahwa pemilihan nama Aktivis Rakyat Daerah sudah sangat mewakili apa yang menjadi keresahanya selama ini.

“Aktivis itukan artinya adalah aktif. Dan kenapa harus Rakyat Daerah, karena dalam pengamatan kami, banyak teman-teman mahasiswa Bima-Dompu hari ini yang jarang bergerak di daerah. Jadi, ini sudah cukup mewakili, bahwa kita sebagai penyambung lidah rakyat seperti yang saya katakana tadi, harus aktif merespon setiap masalah yang ada di daerah," lanjutnya.

Lebih lanjut ia berharap, dengan adanya organisasi ini bisa menyatukan aktivis-aktivis Bima-Dompu dalam menjewantahkan nilai dari pengetahuan yang didapatkan demi peradaban kedaerahan.

“Saya harap organisasi ini bisa menjadi wadah pergerakan untuk teman-teman mahasiswa Bima Dompu dalam merespon masalah-masalah daerah yang ada di Bima Dompu,” tutupnya.

Saat ditanya langkah apa yang akan mereka lakukan dalam waktu dekat ini, dirinya dan teman-teman Aktivis Rakyat Daerah lainya akan melakukan rapat kerja untuk memantapkan arah dari basis gerakannya.

Reporter : Fahrulrozi
Editor : nuni