Mahasiswa Bayar Kuliah Pakai Aplikasi?
Cari Berita

Advertisement

Mahasiswa Bayar Kuliah Pakai Aplikasi?

Sabtu, 12 Januari 2019

Foto: Ilustrasi (sumber: kumparan)
Mahasiswa adalah sebutan bagi orang yang sedang menempuh pendidikan tinggi di sebuah perguruan tinggi yang terdiri atas sekolah tinggi, akademi, dan yang paling umum adalah universitas. Sepanjang sejarah, mahasiswa di berbagai negara mengambil peran penting dalam sejarah suatu negara. Tetapi di Indonesia kini jumlah mahasiswa sekarang sudah semakin banyak. Dan disini saya membicarakan ekonomi atau keuangan para mahasiswa pada zaman sekarang.

Di Indonesia perekonomiannya naik turun, begitu pula dengan keuangan mahasiswa. Ada mahasiswa yang mampu dan ada juga mahasiswa yang kurang mampu. Di setiap universitas, mahasiswa yang kurang mampu kira-kira 30%. Dan sekarang pembiayaan untuk kuliah pun sudah semakin meningkat atau mahal.
Contohnya jika mau mendekati UTS atau UAS, laptop untuk skripsi, pembiayaan KKN, dll. Bagaimanakah solusi yang pantas untuk pembiayaan kuliah yang sekarang semakin mahal ini ?.

Nah disini saya sedang mendengar hal yang booming di kalangan mahasiswa, dan saya pun sudah mencobanya. Karena Aplikasi ini sudah hampir menyeluruh di semua Universitas di Indonesia Apakah itu?
Yaitu aplikasi yang bisa membantu kita dalam masalah keuangan di dalam dunia perkuliahan. Sebut saja Aplikasi Cicil. Nah Aplikasi ini sudah membantu saya untuk membeli barang impian saya yang dimana saya hanya mahasiswa yang ekonominya menengah.

Kalau saya bilang, aplikasi ini sangat cocok untuk mahasiswa. Karena aplikasi ini sangat gampang digunakan dikalangan mahasiswa pada zaman sekarang. Kalian hanya membutuhkan smartphone, KTP dan kartu tanda mahasiswa kalian saja, kalian sudah bisa mencicil barang impian kalian atau pembiayaan keuangan kuliah kalian. Tetapi kalian harus dinyatakan masih aktif kuliah atau masih aktif menjadi mahasiswa.

Sebelum itu, mahasiswa harus tahu apa arti dari aplikasi ini. Aplikasi ini adalah sebuah financial technology platform yang memungkinkan mahasiswa untuk berbelanja online atau pembiayaan kuliah dengan CICILan ringan per bulan. harapannya solusi ini dapat membantu teman-teman mahasiswa karena saat ini opsi pembayaran CICILan bagi mahasiswa sangatlah terbatas.

Keuntungan yang dapat di nikmati mahasiswa dengan menggunakan aplikasi ini adalah jika kita di ekonomi kebawah yang kesusahan mebayar kuliah, kita tidak perlu khawatir, kita bisa membayarnya dengan bantuan Aplikasi ini. Dan kita juga bisa membeli barang untuk keperluan perkuliahan yang dimana kita tidak perlu lagi menunggu berbulan-bulan untuk membeli produk impian kita.

Nah disini ada beberapa fasilitas dan ketentuan yang bisa mahasiswa dapatkan di aplikasi ini. Produk apa saja dan di toko mana saja kah mahasiswa dapat berbelanja dengan aplikasi ini? mahasiswa dapat memesan produk apa saja dari hampir semua eCommerce di Indonesia. Cukup Copy Paste URL produk pilihanmu dari eCommerce pilihanmu di fitur product finder. Lalu mereka akan memberikan estimasi perhitungan cicilan bulannya berdasarkan skema pembayaran yang sudah di pilih mahasiswa. Sudah sangat mudah kan. Berapa bunga yang harus dibayarkan dalam penggunaan fasilitas aplikasi ini?

Jika kalian yang takut tidak bisa membayar akan bunganya yang besar, tenang Aplikasi ini menurut saya bunganya sudah ringan dengan pembayaran tanpa kartu kredit.
Layaknya perbankan dan jasa pembiayaan konvensional, Aplikasi ini pun harus mengenakan biaya timbal balik atas jasa pembiayaan yang mereka berikan kepada mahasiswa untuk membiayai operasional perusahaan.

Namun yang membuat mereka berbeda dari jasa pembiayaan pada umumnya, mereka tidak menerapkan sistem bunga berbunga. Di Aplikasi ini mereka mengenakan biaya margin penjualan atas harga barang yang dibeli dengan menggunakan jasa pembiayaan Aplikasi ini.

Margin dan harga barang tersebut kemudian dibayarkan melalui cicilan flat perbulannya sesuai dengan jangka waktu yang mahasiswa pilih. Besarnya margin yang harus ditanggung bervariatif tergantung dari kuatnya profil aplikasi mahasiswa, harga barang yang mahasiswa pilih, uang muka yang mahasiswa bayarkan, serta jangka waktu pembiayaan.

Namun tentunya mereka bersifat transparan dimana Mahasiswa calon pengguna dapat melihat simulasi besar cicilan dan total biaya yang harus dibayarkan sebelum berkomitmen menggunakan fasilitas mereka dan sudah merupakan komitmen mereka untuk terus memberikan biaya pembiayaan yang kompetitif bahkan dibandingkan dengan biaya kartu kredit maupun jasa pembiayaan tanpa agunan pada umumnya.

Bagaimana cara saya melakukan pembayaran cicilan di Aplikasi ini?
mereka menerima pembayaran melalui Bank Transfer ATM / Online Banking/Mobile Banking dan pembayaran tunai melalui teller Bank. Saat ini untuk kemudahan mahasiswa, mereka sudah menyediakan channel pembayaran Bank BCA, Mandiri, BNI dan BRI dimana channel tersebut juga dapat menerima pembayaran dari Bank lainnya di Indonesia.

Instruksi pembayaran dan jadwal pembayaran akan dapat mahasiswa akses dengan login melalui link di Aplikasi ini setelah proses permohonan pembiayaanmu disetujui. Perlu dicatat untuk berapa semester biaya perkuliahan saya bisa dicicil? Baik untuk satu semester maupun keseluruhan semester. Namun akan dicairkan setiap semester dengan syarat pembayaran cicilan untuk semester sebelumnya sudah lunas. Apakah di aplikasi ini mahasiswa membutuhkan penjamin?

Apabila mahasiswa tidak memiliki pekerjaan/penghasilan tetap, maka mereka mewajibkan orang tua atau kerabat untuk menjadi penjamin yang menjadi penanggung jawab untuk membayar cicilan pinjaman uang kuliah mahasiswa tersebut.

Selain itu, di aplikasi ini mahasiswa bisa melunasi nya lebih awal dan tidak ada biaya tambahan, namun saat telat membayar pinjaman, maka akan dikenakan biaya keterlambatan, dan juga apabila pinjaman mahasiswa tersebut masih akitf, mahasiswa tidak bisa mengajukan pinjaman baru.

Nah sudah sangat mudah kan dengan yang saya jelaskan di atas, tunggu apalagi buat kalian yang kesulitan ekonomi dalam perkuliahan kalian atau kesulitan membeli barang perkuliahan kalian. Bisa kalian coba di aplikasi CICIL.CO. Disini saya tidak mempromosikan aplikasi ini.

Saya sudah mencobanya dan saya ingin membantu kalian yang masalah keuangan perkuliahan kalian kurang mencukupi. Jangan pernah putus asa, kuliah itu banyak cara. Hidup mahasiswa.

Penulis: Akhmad Surillah Khabibi (Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Jurusan Akuntansi).