Susah Signal, Pemdes dan Warga Wadukopa Minta Pemerintah Bangun Tower
Cari Berita

Advertisement

Susah Signal, Pemdes dan Warga Wadukopa Minta Pemerintah Bangun Tower

Sabtu, 29 Desember 2018

Foto: Sekertaris Desa Wadukopa
Indikatorbima.com - Gangguan jaringan yang menyebabkan terhambatnya komunikasi via Telephone dan koneksi internet kerap kali terjadi di beberapa daerah yang terbilang jauh dari wilayah perkotaan.

Seperti halnya yang terjadi di Desa Wadukopa, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima. Diduga gangguan jaringan tersebut, disebabkan kurangnya pembangunan Tower sehingga berakibat pada gangguan pelayanan signal komunikasi dan internet.

Sekertaris Desa (Sekdes) Wadukopa Harwidiansyah S. Sos mengaku gangguan jaringan mematik keresehan masyarakat Wadukopa lantaran jaringan layanan komunikasi maupun internet menjadi bagian dari kebutuhan warga untuk mengakses informasi

Lebih lanjut dia menjelaskan bidang pemerintahan juga akan terbantu jika fasilitas telepon dan pelayanan jaringan internet yang memadai, karena menurutnya pemerintah menyampaikan laporan ke pusat atau daerah akan cepat jika dibandingkan dengan laporan secara manual yang membutuhkan waktu yang cukup lama.

"Jaringan komunikasi untuk teleponan sering terganggu. signalnya tidak stabil sehingga sering putus saat komunikasi dan terkadang suara tidak terdengar jelas saat teleponan,"Jelas Harwidiansyah saat di konfirmasi Indikator Bima pada Jum'at (28/12/18) kemarin.

Dia menjelaskan kebutuhan akan Tower perlu ada penambahan sebagai langkah alternatif untuk menstabilkan jaringan, menurutnya untuk mencapai hal tersebut membutuhkan komitmen dengan pemerintah setempat

"Di Desa Wadukopa memang dari dulu gak bagus signalnya, di Desa Sampungu sudah dipasang Tower, Alhamdulillah mereka sudah menikmati signal Handphone, semua Desa di Kecamatan Soromandi sudah menikmati jaringan. Cuma di beberapa Desa jaringan tidak stabil, dan susah juga dapat jaringan 3G," Jelas Harwin.

Lanjut dia saat ini adalah era digital, sehingga di Desa pelosok sekalipun ingin menikmati kemudahan hidup karena menurutnya Infrastruktur di bidang komunikasi seperti jaringan telepon atau internet menjadi kebutuhan mendasar bagi manusia

"Dengan masuknya jaringan telepon atau internet dapat menghubungkan komunikasi kita dengan keluarga dimanapun dia berada. Apalagi kemajuan zaman saat ini telah menghadirkan pasar berbasis online, jadi segala sesuatu bisa dibeli secara online," Katanya.

Harwin berharap pun kepada pemerintah, baik di tingkat Daerah hingga Pusat termasuk pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia layananan jasa komunikasi seperti telkomsel agar dapat meningkatkan mutu layanan termasuk menambah jumlah Tower agar bisa menjangkau seluruh pelosok Desa.

"Saya berharap pemerintah bisa memperhatikan fasilitas komunikasi di Desa agar dapat menunjang percepatan kemajuan Desa baik dari segi fisik maupun sumber daya manusia," Harap nya.

Pewarta: Juliadin