KPU dan PPK Kecamatan Sape Menggelar Sosialisasi Pemilu Di Pasar Tradisional Sape
Cari Berita

Advertisement

KPU dan PPK Kecamatan Sape Menggelar Sosialisasi Pemilu Di Pasar Tradisional Sape

Ginanjar Gie
Senin, 10 Desember 2018

Foto : Wartawan kami sedang melakukan wawancara
Indikatorbima.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD)  Kabupaten Bima dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Kecamatan Sape menggelar sosialisasi Pemilu di pasar tradisional sape "Pasar Lama" dan "Pasar Baru" Kecamatan Sape. (10/12/2018)

Dengan membawa selebaran ajakan pemilihan presiden, Tim KPUD Kabupaten Bima dan PPK Kecamatan Sape yang dipimpin langsung oleh ketua PPK kecamatan Sape, Arifin mendatangi satu persatu pedagang di pasar. Sementara beberapa personil membagikan brosur pemilu serentak, dan yang lainnya menjelaskan pada setiap pedagang dan ada juga satu orang yang mengunakan pengeras suara.

Dalam acara sosialisasi tersebut KPUD dan PPK bertujuan untuk memberikan pemaparan kepada masyarakat agar menjadi pemilih yang cerdas dan pemberitahuan awal tentang surat suara DPR yang tidak mempunya gambar di surat suara di pemilu yang akan di laksanakan pada 2019 yang akan datang.
Pernyataan itu di paparkan oleh Ketua PPK Kecamatan Sape, Arifin.

“Tujuan diadakan kegiatan dan sosialisasi tersebut tak lain memperkenalkan tentang menjadi pemilih yang baik serta memberitahukan tentang hak-hak pemilih dan tata cara pelaksanaan Pileg dan Pilpres pada April 2019 mendatang." tutur nya

Arifin juga memaparkan tujuan dari agenda tersebut di laksanakan dan kenapa mereka melakukan.

"Kami sengaja mensosialisikan di pasar ini sebagai jalur strategis, karena mengingat jika di lakukan pada acara resmi atau mengumpulkan masyarakat, maka takutnya akan menghalangi kegiatan dan aktivitas masyarakat, dan juga takutnya sedikit yang hadir karena banyaknya pekerjaan dan aktivitas yang lain."
anggota PPK dan KPU sedang melakukan sosialisa
Ketua Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Strategi Sosialisai dan Partisipasi Maayarakat (PARMAS) KPUD Kabupaten Bima, Muhammad Waruk kepada Awak media juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut akan terus dilakukan di berbagai pasar dan lokasi lainnya.

“Sosialisasi akan terus kami lakukan. Bahkan tidak menutup kemungkinan  juga mengadakannya di sekolah bahkan di perkampungan" paparnya

Menurutnya, dengan sosialisasi tersebut diharapkan tingkat partisipasi masyarakat khususnya pada pedagang Pasar Lama dan Pasar Baru Kecamatan Sape pada pemilu 2019 mendatang bisa meningkatkan partisipasi jumlah pemilih.

"Tujuan kami melakukan ini ialah agar terciptanya pemilih pintar sesuai Visi dan Misi KPU dan jargon kami ialah "Semua Punya Suara demi Indonesia Kini dan Nanti". tegasnya
Misi KPUD Bima
Di sisi lain, salah satu pedagang pasar lama Sape, Fitriani mengakui  sosialisasi ini sangat bermanfaat.

“Pada pemilu Legislative nanti terdapat banyak gambar yang harus di coblos sehingga sosialisasi harus terus digencarkan.” Ucap Fitriani.

Reporter : Safran
Editor : Gie