Ketua LKSA LPEPM Meminta Bupati Bima Mencopot Ketua BAZNAS
Cari Berita

Advertisement

Ketua LKSA LPEPM Meminta Bupati Bima Mencopot Ketua BAZNAS

Ginanjar Gie
Sabtu, 22 Desember 2018

Foto : Ketua LKSA LPEPM
Indikator.com - Ilma Munawa (4) balita perempuan penderita tumor mata asal Desa Kawinda Toi, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima hingga kini belum mendapat pertolongan intensif, Kamis (20/12/18).

Diketahui, Ilma Munawa mengidap tumor sejak dua bulan yang lalu. Diobati secara tradisional dan lewat puskesmas setempat, 6tetapi tidak membuahkan hasil.

Hal tersebut diperkuat oleh pernyataan Mukhtar, S.H. selaku Ketua Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Bima yang mendapat laporan dari tim relawan di lapangan.

"Berdasarkan laporan dari tim relawan di lapangan, dokter spesialis mata di RSUD Bima memberikan keterangam, bahwa pasien perempuan umur 4 tahun asal Desa Kawinda Toi, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima menderita tumor mata di bagian retina mata," tuturnya kepada Indikator Bima.

RSUD Bima tidak mampu dari segi peralatan, sehingga pasien tersebut disarankan untuk berobat lanjut ke RSUP NTB atau RSUP Sanglah Bali.

"RSUD Bima tidak mampu dari segi peralatan dan disarankan untuk segera berobat lanjut ke RSUP NTB atau RSUP Sanglah Bali," tambahnya.

Kendala terbesar adalah tidak ada Kartu BPJS, sehingga dibuat kartu BPJS dengan masa berlaku tanggal 31 Desember 2018.

Muchtar menambahkan, bahwa Iwan Kurniawan (ayah pasien) disarankan ke BAZNAS Kabupaten Bima untuk meminta bantuan dana atau rekomendasi dari BAZNAS Kabupaten Bima dengan tujuan meringankan biaya pada saat berobat sambil menunggu proses aktif kartu BPJS.

"Kami juga sudah meminta Iwan Kurniawan, ayahnya pasien untuk ke BAZNAS Kabupaten Bima, meminta bantuan dana atau rekomendasi untuk membantu biaya pengobatan sambilan menunggu aktif kartu BPJS," tambahnya.

Tetapi alasannya Ketua BAZNAS tidak ada uang bantuan, karena sudah habis dan rekomendasi juga tidak bisa keluar lagi. Tindakan Ketua BAZNAS sering kali terjadi, bahkan terhadap orang buta dan anak yatim-piatu juga diperlakuan hal yang sama.

"Tapi ternyata dari pihak BAZNAS Kabupaten Bima tidak dapat membantu. Alasannya karena uang sudah habis, surat rekomendasi pun tidak dapat diberikan tanpa keterangan yang jelas," lanjutnya.

Tim Relawan LKSA LPEPM Bima berencana menggalang dana untuk Ilma, di nomor rekening 1610006061977 Bank Mandiri atas nama Mukhtar. Tim akan melakukan pendampingan hingga tuntas.

"Kami mengecam tindakan tidak manusiawi oleh Ketua BAZNAS Kabupaten Bima dan meminta kepada Bupati Bima mencopot  Ketua BAZNAS dari jabatannya dengan alasan sudah uzur hampir 80 tahun dan secara fisik tidak mampu bekerja lagi," tutupnya.

Reporter: Amin
Editor     : Nuni