Kesadaran Mahasiswa Terhadap Dunia Politik
Cari Berita

Advertisement

Kesadaran Mahasiswa Terhadap Dunia Politik

Selasa, 04 Desember 2018

Foto: Penulis
Mahasiswa adalah kaum intelektual, mahasiswa merupakan tolak ukur kemajuan bangsa dan negara. Tanpa kita sadari, perubahan dunia politik hampir selalu dilakukan oleh mahasiswa, contoh: peran mahasiswa dengan keluwesannya dalam melakukan perubahan untuk menjadikan negara kita lebih maju dan lebih baik lagi. Oleh karena itu, peran mahasiswa dalam dunia politik merupakan hal yang penting dalam kemajuan politik suatu bangsa dan negara. Mahasiswa adalah agent of control dalam mengamati suatu permasalahan politik yang terjadi.

Mahasiswa merupakan agent of change, di mana masa depan negara ini dipegang oleh penerus-penerus bangsa yang berkualitas, termasuk mahasiswa itu sendiri. Mahasiswa harus berperan aktif dan ikut serta dalam persoalan hiruk pikuk politik di Indonesia, karena mahasiswa dianggap bisa menyelesaikan dan bertanggung jawab tentang persoalan di Indonesia untuk melakukan perubahan di masa yang akan datang. Gerakan politik yang dilakukan mahasiswa adalah dengan gerakan aksi pasti yang turun ke jalanan untuk mewujudkan aspirasi masyarakat agar didengar oleh para pejabat tinggi. Sebagai mahasiswa, kita harus bisa membaca kondisi permasalahan politik di negara ini.

Permasalahan yang terjadi di negara kita yang harus dibasmi adalah kemiskinan, korupsi, penindasan terhadap wanita, keadilan di mata hukum, dan lainnya. Bukan hanya orasi di depan aparat polisi dan juga pejabat tinggi, tetapi kita sebagai mahasiswa harus memberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi di negara kita saat ini. Kita sebagai agent of change harus turun langsung ke zona politik itu agar kita bisa mengimplementasikan aspirasi dari rakyat yang kita dengar.

Kita sebagai mahasiswa harus berani melakukan inovasi dan harus tampil di depan untuk melakukan pembaharuan pemikiran, dan memberikan solusi, agar masyarakat kita tidak merasakan penindasan secara terus menerus. Partisipasi mahasiswa pula menjadi salah satu penentu arah bangsa ini dengan bergabung pada organisasi organisasi intrakampus agar kita bisa membaca dinamika kehidupan politik di Indonesia. Serta melakukan gerakan aksi yang pasti untuk perubahan menuju tatanan masyarakat yang adil, makmur, sentausa l, tanpa ada penindasan.

Penulis: Riven Ayudita,
Mahasiswa Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Malang.