Yang Berarti
Cari Berita

Advertisement

Yang Berarti

Rabu, 07 November 2018

Foto: Penulis
Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang secara sadar dan terencana agar seseorang secara aktif mengembangkan dan menciptakan sesuatu dan untuk memiliki kecerdasan pengendalian diri terhadap emosional, spiritual, sehingga mampu menyusaikan diri dalam mengimplementasikan pada berbagai bidang.

Mulai buka lembaran baru, jalani dengan penuh optimisme dan bukan hanya meraih sebuah kemenangan yang hanya mengantarkan sampai kegerbang sekolah, tetapi yang menggarahkan jalan untuk kesejahteraan kedepannya.

Setiap insan terpana dan akan terus menggali potensi yang ada dan tetap menciptakan sesuatu yang bermanfaat untuk oranglain, langkah demi langkah yang tercipta tetap bernilai positif untuk meraih kesejahteraan bangsa yang berkemajuan.

Bait-bait lantunan yang terucap akan terpenuhi dengan seiringnya waktu, terus bertindak dengan kesungguhan hati, belajar berbagai karakter sebagaimana para pahlawan tanpa tanda jasa mengajarkan dengan segala ambisi dengan berbagai harapan yang telah tertanam dalam jiwa, tak perlu seberapa yang mendapatkan point untuk sekarang karena hasil yang membanggakan akan terlihat di masa yang akan datang, setidaknya berusaha untuk mempertahankan keberadaan untuk menjadi yang lebih baik.

Hidup berada di tempat yang sepi bukan berarti kekosongan yang tak berarti, kekosongan merupakan kesempatan untuk terus memperbaiki segala kekuarangan yang ada, pandang kedepan bahwasannya masih ada terang yang menghadirkan kedamaian dengan membawa perubahan, terasa gelap jika hanya menikmati dalam satu keadaan hingga hati dan pikiran tertutupi oleh ganasnya ego. Saat melangkah yang pastinya ada duri yang menusuk meski memakai alas hingga membekas.

Biarkan ia membekas hingga tertulis dalam lembaran baru, sadarilah bahwa setiap langkah kaki memiliki jejak tersendiri yang suatu saat nanti bernilai positif, teruslah menjejaki hingga terbentuk jalan menuju keindahan, biarkan berbagai pertanyaan yang berulang-ulang karena ketidakyakinan atas proses yang dilalui, lakukan sesuatu yang berbeda hingga terlihat dengan berbagai macam jawaban yang mampu disimpulkan dengan satu makna yang tertuju.

Tak perlu berkoar tanpa arti, tapi buktikan pada dunia bahwa akan bisa berdiri tegak dengan suatu kebanggaan yang diraih, suatu keinginan yang akan terpenuhi dengan ketekunan dalam bersikap hingga kedisiplinan terlaksana dengan baik.

Gunakan bahasa yang baik sebagaimana telah diajarkan, dan dengan cara bicarapun akan terlihat dengan sendirinya, bertindak dengan baik merupakan timbal-balik terhadap cara berpikir dengan bahasa yang bermakna, kecerdasan dalam kedisiplinan yang telah tertanam sehingga merealisasikannya dengan baik dan berilmu bisa bertindak sesuai dengan aturan yang ada, bukan yang berilmu bertindak dengan sewenang-wenangnya, serta bukan kesombongan yang akan menenangkan hati melainkan sesuatu yang menjerumuskan disetiap terjal-terjal yang menggerikan.

Setiap kesalahan dalam tantangan merupakan teguran halus untuk lebih sadar akan kekurangan yang harus diperbaiki, dan peka akan suatu masalah yang datang bertubi-tubi. Yang mempunyai komitmen untuk menyelesaikan tugas hingga selesai dengan baik merupakan perwujudan sikap tanggung jawab, baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Harus berani menentukan tujuan hidup, siap untuk menghadap dan mengambil segala risiko yang muncul dan bisa menghapus bayangan kegagalan masa lalu.

Penulis: Nurfidah