Rilis Survei Online Pilpres, KIB Dituding Kadalin Kubu Prabowo
Cari Berita

Advertisement

Rilis Survei Online Pilpres, KIB Dituding Kadalin Kubu Prabowo

Sabtu, 20 Oktober 2018

Foto: Grafik rilis survei online KIB
Indikatorbima.com - Komunitas Indikator Bima merilis survei online tentang elektabilitas pasangan Pilpres 2019, hingga menuai tudingan. Hal tersebut dinilai hanya untuk menyenangkan salah satu pendukung paslon, Sabtu (20/10/18).

Tidak hanya dituding sebagai langkah untuk menghibur pendukung paslon Prabowo-Sandi, survei online yang dilakukan oleh Komunitas Indikator Bima juga dituding sebagai upaya untuk mengibuli pendukung Paslon Prabowo-Sandi.

"Ini sih namanya survei untuk menyenangkan pendukung Bowos, hanya tahun ini ada yang namanya survei online yang disurvei juga banyak amat 63 orang, mau aja pendukung Bowos dikadalin," tulis akun Facebook Tuca Wangi pada sebuah kolom komentar di Facebook.

Menanggapi hal itu, Furkan selaku Ketua Umum Komunitas Indikator Bima menjelaskan, bahwa pihaknya sudah merilis hasil survei online tersebut secara hati-hati. Menurutnya pula, survei online tersebut sah-sah saja selama tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku.

"Kan tidak ada larangan untuk melakukan survei online, itu sebagai salah satu upaya untuk mencari, mengumpulkan, mengelolah, dan menyampaikan informasi. Setiap orang boleh melakukan itu," katanya.

"Yang penting bukan hoax, bukan bohong atau tipu muslihat," lanjutnya.

Lebih lanjut, Furkan menegaskan, bahwa pihaknya tidak sedang menghibur atau mengkadali pihak mana pun. Survei online yang dilakukan oleh komunitasnya tersebut punya metode dan prosedur.

"Kami bukan penghibur, apalagi kadalin orang. Nggak ada kerjaan lain apa. Yang jelas metode kami jelas, prosedurnya ada. Perkara jumlah respondennya sedikit, kan sample. Kalau semua warga NTB jadi responden, justru bukan survei namanya," tegasnya.

Seperti yang diketahui, rilis survei online yang dilakukan oleh Komunitas Indikator Bima menunjukkan, bahwa pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Prabowo-Sandi unggul 90.48% dari pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang hanya meraih suara 9.52%.

Reporter: Nuni