Peluang Meningkatkan Perekonomian Melalui Sektor Pariwisata untuk Daerah Dompu
Cari Berita

Advertisement

Peluang Meningkatkan Perekonomian Melalui Sektor Pariwisata untuk Daerah Dompu

Minggu, 14 Oktober 2018

Pantai Lakey (Getaroom)
Pariwisata merupakan salah satu sector yang dapat menopang perekonomian sebuah daerah bahkan mampu memberikan kontribusi yang cukup besar kepada Negara.

Sector pariwisata mampu menciptakan mata rantai bagi sector-sektor perekonomian yang lain dalam kehidupan masyarakat, baik itu untuk kaum yang perekonomiannya kurang baik maupun yang sudah baik. sebagai contoh: ketika sebuah daerah membagun tempat pariwisata, maka secara tidak langsung masyarakat yang tinggal didekat pembangunan tersebut akan mendapatkan peluang untuk meningkatkan perekonomian seperti: berjualan, menyediakan layanan jasa sewa barang-barang yang dibutuhkan dan lain sebagainya. Itulah yang dimaksud dengan menciptakan mata rantai bagi sektor perekonomian yang lain.

Sektor pariwisata ini juga dapat menjadi tulang punggung perekonomian sebuah daerah jika dimanfaatkan dengan baik melalui berbagai kreatifitas, kemauan masyarakat yang ada didalamnya dan ketepatan kebijakan yang diterapkan pemerintah serta didukung oleh potensi alam yang ada.

Berbicara tentang pariwisata mungkin sebagian orang akan langsung terbayang keindahan alam dan tempat-tempat yang indah seperti pantai, gunung, air terjun, perbukitan dan lain sebagainya. Terlepas dari itu semua keperiwisataan juga dapat dikembangkan ditengah padatnya hirip pikuk perkotaan. Namun potensi yang ada diperkotaan sangatlah minim dibanding daerah-daerah yang jauh dari perkotaan.

Pulau Satonda (foto: Heriand)
Salah satu daerah yang memiliki potensi kepariwisataan yang cukup bagus adalah daerah Dompu NTB. Dompu memiliki berbagai macam keindahan alam yang tidak kalah menariknya dengan daerah lain yang ada di Indonesia.

Pantai merupakan salah satu tempat wisata yang cukup banyak diminati oleh para wisatawan local maupun manca Negara dengan berbagai alasan. Mulai dari ombak yang cocok dan bagus untuk surfing, keindahan pantai dan masih banyak lagi.

Selain pantai, terdapat wisata lain yang tidak kalah menarik, yaitu wisata gunung Tambora Namun cukup disayangkan, peluang-peluang tersebut kurang diperhatikan oleh masyarakat dan pemerintah yang ada didalamnya
Berkaca dari paparan umum di atas timbul dua pertanyaan penting, Siapa yang harus melakukannya? bagaimana cara yang tepat untuk membangun perekonomian kabupaten dompu melalui kepariwisataan?.

Tentu untuk membangun perekonomian melalui berbagai macam sector diperlukan yang namanya pemahaman tentang potensi apa yang ada, kretifitas, kemauan serta kebijakan yang tepat. Begitu pula dengan sector kepariwisataan.

Untuk membanguan perekonomian melalui kepariwisataan juga perlu diperhatiakn tiga hal penting, yaitu: peningkatan perekonomian (bagaimana peningkatan perekonomian yang akan terjadi/ hokum ekonomi pembangunan), kehidupan masyarakat (apakah akan menimbulkan gejala social yang membahayakan/ hokum ekonomi sosial) dan gejala alam (apakah menimbulkan kerusakan alam).

Sarae Nduha (foto: suarantb)
Untuk menjawab pertanyaan di atas tentu saja masyarakat serta pemerintah yang ada didalamya yang menjadi penggerak ataupun starter utamanya. Kedua elemen tersebut harus bekerja sama untuk melakukan hal tersebut. Jika tidak, maka keinginan yang hendak dicapai tidak akan terwujud atau setidaknya akan sedikit terhambat.

Kemudian cara untuk meningkatkan perekonomian melalui pembangunan kepariwisataan tentu harus memperhatikan hal-hal umum yang telah dipaparkan sebelumya. Jika pembangunan yang hendak dilakukan memiliki resiko yang sangat besar, otomatis pemerintah sebagai penguasa serta pelayan bagi masyarakat harus mencari jalan keluarnya. Seperti menetralisir segala bentuk ancaman dan tantangan yang dihadapi dan mencari peluang serta kelebihan apa yang dapat dikembangkan sehingga menghasilkan inovasi yang berdampak baik terhadap masyarakat.

Hal lain yang harus diperhatikan oleh masyarakat maupun pemerintah kabupaten Dompu adalah tentang legalitas tempat yang akan dilangsungkan pembangunan kepariwisataan. Yang dimaksud dalam hal ini adalah tentang lingkungan tempat yang akan dilkukan pembanguan pariwisata karna di setiap daerah memiliki batasan-batasan tersendiri untuk melakukan berbagai pembangunan. Artinya tempat yang akan dilakukan pembangunan tersebut harus termasuk dalam lingkup pariwisata.

Untuk meningkatkan perkonomian di Dompu NTB dapat dilakukan dengan beberapa cara, yakni: melakukan riset untuk mengetahui potensi yang ada, kemudian mengembangkan potensi tersebut, berikutnya mempromosikan potensi tersebut kepada public baik melaui social media maupun dari mulut ke mulut dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Selain hal-hal yang dipaparkan di atas, penulis memberikan masukan tempat untuk melangsungkan pembangunan pariwisata kepada pemerintah daerah Dompu.

Untuk tempat yang dimaksud adalah pantai ria (ria beach) karna tempat ini sangat berpotensi jika dikembangkan atau diolah dengan ide serta kebijakan yang tepat makan akan mampu memberikn dampak positif bagi perekonomian masyarakat yang ada didalamnya. Selain pantai ria, terdapat pantai serta tempat lain yang juga tidak kalah menariknya, yaitu: pantai wadu jao, sarae nduha, pulau satonda, nisa pudu, pantai lakey dan lain-lain.

Penulis : Firman Ardiansyah (mahasiswa ilmu pemerintahan fakultas ilmu social dan ilmu politik universitas muhammadiyah malamg).