Mau Bongkar Muatan, Kapal Pengangkut Barang ini Terbakar di Pelabuhan Kota Bima
Cari Berita

Advertisement

Mau Bongkar Muatan, Kapal Pengangkut Barang ini Terbakar di Pelabuhan Kota Bima

Rabu, 31 Oktober 2018

Screenshot video saat kapal Kartika Ekspress terbakar
Indikatorbima.com - Kapal pengangkut barang bernama KLM Kartika Ekspress yang diketahui milik H. Nasir warga asal Kecamatan Sape, terbakar di Pelabuhan Kota Bima, sekitar pukul 18.30 WITA. Diduga penyebab kebakaran kapal karena konsleting listik di kamar mesin kapal, Rabu (31/10/18).

Menurut keterangan saksi, Rimon (20) salah seorang ABK kapal lain yang berada di sekitar kapal yang terbakar, menjelaskan kronologi kejadian kebakaran kapal KLM Kartika Eskpress. Dirinya bersama ABK lain saat kejadian berusaha memindahkan kapal keluarganya yang berada di dekat kapal yang terbakar agar tidak ikut terbakar.

"Kami baru saja sampai di pelabuhan untuk bongkar muatan, tiba-tiba kapal KLM Kartika Ekspress terbakar," kata Rimon kepada Indikator Bima.

Lebih lanjut Rimon mengatakan, bahwa diduga kapal tersebut, terbakar karena konsleting listrik di ruang mesin pembakit listrik kapal. Bahkan, Rimon sempat merekam kejadian kebakaran tersebut.

"Katanya ada konsleting listrik di ruang mesing," ujarnya.

Rimon juga menjelaskan bahwa kapal dalam keadaan banyak muatan, seperti bahan bangunan, makanan ringan dan sembako, sehingga kapal mudah terbakar.

"Kapal itu mau bongkar muatan di Pelabuhan Kota Bima, kita juga sama. Makanya mudah terbakar," terang Rimon.

Api baru bisa dipadamkan setelah beberapa jam kemudian oleh sedikitnya 3 mobil pemadam kebakaran dan dibantu oleh warga setempat. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut, namun, akibat kebakaran itu, Kapal KLM Kartika Ekspress mengalami kerusakan cukup parah, Ruang mesin dan atap kapal ludes terbakar.

Reporter: Furkan
Editor    : Fuad