KOPA Gelar Festival: Inilah Para Pemenang Mata Lomba
Cari Berita

Advertisement

KOPA Gelar Festival: Inilah Para Pemenang Mata Lomba

Senin, 29 Oktober 2018


Komunitas Of Pecinta Art (KOPA) menggelar Festival Seni Budaya Bima Dompu sebagai bentuk kecintaan terhadap budaya Bima-Dompu. Festival tersebut dilaksanakan di gedung LPTQ Kota Makassar selama tiga hari, Jumat s.d Minggu atau tanggal 26-28 Oktober 2018.

Ketua Umum KOPA, M. Radiallah A. P., mengatakan, bahwa kegiatan tersebut sebagai apresiasi budaya, menunjukkan eksistensi budaya Bima Dompu di Makassar, dan untuk mengetahui relasi budaya Bima Dompu dengan Sulawesi Selatan.

"Kegiatan ini tentu sebagai bentuk apresiasi budaya, menunjukkan eksistensi budaya Bima Dompu di Makassar, dan melalui event ini pun kita bisa mengetahui relasi budaya Bima Dompu dengan Sulawesi Selatan," ucap Ketua Umum KOPA pada saat menyampaikan sambutan di saat acara penutupan, Minggu (28/10/18).

Dalam festival tersebut, diadakan berbagai mata lomba, antara lain: tari tradisional, gitar akustik, dan musikalisasi puisi.

Para pemenang di mata lomba tari tradisional adalah IKPPMS (Ikatan Keluarga Pelajar Pemuda Mahasiswa Soromandi) sebagai juara 1, HMW (Himpunan Mahasiswa Wera) sebagai juara 2, dan KMN (Kesatuan Mahasiswa Nangawera) juara 3.

Untuk pemenang mata lomba gitar akustik adalah Permas (Persatuan Mahasiswa Sila) sebagai juara 1 dan IMW (Ikatan Mahasiswa Woja) sebagai juara 2.

Dan yang menjadi pemenang pada mata lomba musikalisasi puisi adalah Kasampa (Kesatuan Mahasiswa Madapangga) sebagai juara 1, FKMBD (Forum Komunikasi Mahasiswa Bima Dompu ) sebagai juara 2, dan Permas (Persatuan Mahasiswa Sila) sebagai juara 3.

Festival tersebut juga sebagai bentuk pelestarian budaya Bima Dompu, sekaligus membangun kreativitas generasi muda dalam menyambut Sumpah Pemuda.

"Festival ini juga sebagai bentuk pelestarian budaya Bima Dompu, sekaligus membangun kreativitas generasi muda dalam menyambut Sumpah Pemuda. Karena acara ini kebetulan bertepatan juga dengan Hari Sumpah Pemuda," jelas Astri Hendrawati selaku Ketua Panitia Acara kepada Indikator Bima, Senin (29/10/18).

Lebih lanjut, ia berharap kegiatan-kegiatan seperti Seni dan Budaya Bima Dompu bisa diadakan lagi setiap tahunnya, untuk tetap menjaga budaya tanah kelahiran.

"Saya pribadi berharap, kegiatan seperti ini, yaitu Festival Seni dan Budaya Bima Dompu bisa diadakan setiap tahun untuk tetap menjaga budaya kita," tutupnya.

Reporter: Irdansyah
Editor     : Nuni