Demi Kenyamanan, Kota Bima Membutuhkan 10 Fasilitas Umum ini
Cari Berita

Advertisement

Demi Kenyamanan, Kota Bima Membutuhkan 10 Fasilitas Umum ini

Selasa, 16 Oktober 2018

Foto: Brilio
Indikatorbima.com - Kenyamanan masyarakat di sebuah kota bisa dilhat dari fasilitas umum yang dimiliki oleh kota tersebut. Semakin banyak dan bagusnya fasilitas kota, tentunya akan membuat masyarakat merasa nyaman berada di kota tersebut.

Salah satu kota di Indonesia yang berada di ujung timur Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah Kota Bima. Kota Bima atau yang biasa disebut sebagai kota tepian air tampaknya masih membutuhkan fasilitas umum yang memadai. Hal itu diperlukan untuk mewujudkan kota Bima yang aman dan nyaman bagi masyarakat setempat. Berikut tujuh fasilitas umum yang perlu diperbanyak demi kenyamanan kota Bima:

1. Toilet/WC Umum


Foto: Brilio
Toilet umum yang bersih dan banyak sangat penting, apalagi kota Bima sebagai salah satu pusat kegiatan masyarakat umum. Dengan adanya toiliet umum yang bersih dan banyak pastinya akan membuat kota Bima semakin nyaman untuk dikunjungi oleh masyarakat, bahkan wisatawan.

2. Tempat Sampah


Foto: Brilio
Kota Bima kian banyak dikunjungi oleh masyarakat. Sebagai pusat kegiatan masyarakat perkotaan, maka tempat sampah harus selalu tersedia di tempat-tempat yang strategis. Hal itu akan memudahkan masyarakat membudayakan buang sampah pada tempatnya. Selain itu, tempat sampah juga akan sangat membantu kota Bima dalam mewujudkan kota Bima yang bersih dari sampah yang berserakan.

3. Tempat Duduk


Foto: Pixabay
Fungsi utamanya tentu untuk duduk. Bisa saja digunakan untuk duduk istrahat setelah olahraga, atau duduk menunggu jemputan, bahkan bisa digunakan untuk sekedar duduk menikmati suasana kota atau foto-foto saja. Semakin banyak tempat duduk, maka akan semakin banyak interaksi sosial yang terjadi di dalam lingkungan perkotaan.

4. Tempat Parkir


Foto: Purwokertoguidance
Tempat parkir juga tidak kalah penting untuk wilayah perkotaan. Tentunya kota Bima ingin mewujudkan budaya parkir pada tempatnya alias tidak parkit disembarang tempat. Baik itu tempat parkir kendaraan roda empat, maupun roda dua. Khususnya di wikayah-wilayah strategis, seperti di pusat perkotaan yang biasa dikunjungi oleh masyarakat umum.

5. Trotoar


Foto: Brilio
Fusngsi trotoar adalah untuk pejalan kaki. Jika kota Bima ingin mewujudkan suasana lingkungan yang jauh dai polusi kendaraan, maka trotoar adalah salah satu solusinya. Setidaknya masyarakat punya pilihan berjalan kaki ketikan ingin jalan-jalan disekitar kota, sehingga tidak harus menggunakan kendaraan. Selain itu, trotoar juga akan memudahkan masyarakat dalam melakukan aktivitas olahraga. Tapi jangan sampai digunakan untuk berdagang loh ya.

6. Wi-Fi/Hotspot


Foto: Brilio
Mengingat perkembangan teknologi dan arus informasi yang begitu cepat dan Agar memudahkan masyarakat dalam mencangkau akses komunikasi melalui media sosial, sebaiknya kota Bima juga memperbanyak atau menyediakan fasilitas Wi-Fi gratis di tempat-tempat strategis. Terkadang, masyarakat terkendala dalam urusan paketan sehingga sangat jarang mengakses informasi. Padahal, makanan kedua setelah makan nasi adalah informasi itu sendiri.

7. ATM


Foto: Metrotvnews
Anjungan Tunai Mandiri (ATM) tentu bukanlah sesuatu yang asing lagi di kehidupan kita sehari-hari. Hampir semua tempat umum memiliki mesin ini. Hanya saja, persoalannya tersedia banyak atau masih sedikit. ATM sangat berguna dan memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan. Semakin banyak ATM, semakin banyak ATM maka semakin memudahkan masyarakat.

Itulah tujuh fasilitas umum yang dapat memberikan kenyamanan masyarakat di kota Bima. Menurut kamu bagaimana?

Penulis: Furkan