Antusias Warga Makassar, Sambut Pawai Budaya Rimpu Mahasiswa Bima-Dompu
Cari Berita

Advertisement

Antusias Warga Makassar, Sambut Pawai Budaya Rimpu Mahasiswa Bima-Dompu

Sabtu, 27 Oktober 2018

Foto: Peserta Pawai Budaya Rimpu
Indikatorbima.com - Komunitas Of Pecinta Art (KOPA) di Kota Makassar mengadakan acara Pawai Budaya Rimpu yang dimulai pada pukul 16:00 WITA, dari Kampus Unismuh hingga Gedung LPTQ pada Jumat (26/10/18) kemarin.

Kegiatan tersebut paling banyak dihadiri oleh kaum wanita dengan jumlah peserta hampir 1.000 orang yang merupakan mahasiswa Bima-Dompu.

Target panitia sebenarnya hanya 500 orang saja, namun pada saat pelaksanaan acara, peserta jadi kian bertambah, hingga mencapai hampir 1.000 orang. Hal demikian menjadi pertanda, bahwa mahasiswa asal Bima-Dompu masih mau memegang teguh adat dan budaya.

"Target panitia sebenarnya hanya sampai 500 orang saja. Tapi pada saat hari H, ternyata mencapai hampir 1.000 orang. Bersyukur, karena hal demikian adalah tanda, bahwa mahasiswa asal Bima-Dompu masih mau memegang teguh adat dan budayanya," ujar M. Radiallah A. P. selaku Ketua Umum KOPA kepada Indikator Bima.

Masyarakat pengguna Jalan Sultan Alauddin dan Jalan Talasalapang pun turut antusias menyaksikan Pawai Budaya Rimpu tersebut. Mereka mempublikasikan, bahkan ada juga yang minta foto dengan peserta.

M. Radialah mengatakan, bahwa tujuan dari Pawai Budaya Rimpu adalah untuk mempublikasikan budaya Bima-Dompu, mengembalikan nilai, merawat nilai kecintaan akan seni budaya Bima-Dompu, dan menanamkan sikap berani menunjukkan adat dan budaya yang dimiliki.

"Tujuan dari adanya kegiatan ini adalah untuk mempublikasikan budaya Bima-Dompu, mengembalikan nilai, merawat nilai kecintaan akan seni budaya Bima-Dompu, dan menamkan sikap berani menunjukkan adat dan budaya yang dimiliki," tegasnya.

Lebih lanjut, Ketua Umum KOPA tersebut berharap, bahwa kegiatan seperti demikian dapat terus diadakan setiap tahunnya di Makasaar, karena selain menonjolkan kecintaan terhadap adat dan budaya Bima-Dompu, dapat juga menjadi ajang silaturrahim antarmahasiswa Bima-Dompu.

"Kami berharap, kegiatan seperti ini akan berjalan terus setiap tahunnya, bukan hanya karena ingin menunjukkan kecintaan kami semata terhadap adat dan budaya Bima-Dompu, melainkan lewat acara seperti ini kami yang merupakan mahasiswa asal Bima-Dompu bisa saling silaturrahim dalam jumlah yang besar," tutupnya.

Reposter: Irdansyah
Editor: Nuni