Yuk, Kenali 8 Macam Kecerdasan yang Kamu Miliki
Cari Berita

Advertisement

Yuk, Kenali 8 Macam Kecerdasan yang Kamu Miliki

Sabtu, 01 September 2018

Foto : Penulis
Indikatorbima.com - Setiap manusia terlahir istimewa. Tidak ada satu pun manusia yang diciptakan di dunia ini hanya untuk kesia-siaan belaka. Sejak lahir, manusia sudah diberi kado oleh Allah berupa bakat, potensi, dan kecerdasan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, setiap manusia yang satu berbeda dengan manusia lainnya. Tolong untuk tidak pernah membanding-bandingkan.

Berbicara tentang kecerdasan, seorang tokoh bernama Howard Gardner (Sujiono, 2009: 176) menyatakan, bahwa kecerdasan merupakan kemampuan untuk menyelesaikan masalah, menciptakan produk yang berharga dalam satu atau beberapa lingkungan budaya masyarakat. Kecerdasan menurut Muazzar Habibi (Qalbi, 2017: 2) merupakan ungkapan dari cara berpikir seseorang yang dapat dijadikan modalitas dalam belajar.

Kecerdasan bagi seseorang memiliki manfaat yang besar selain bagi dirinya sendiri dan juga bagi pergaulannya di masyarakat.

Kecerdasan bukan tentang seberapa hebat seorang anak mendapat nilai 100 dalam pelajaran Matematika, Kimia, Biologi, atau Fisika saja. Seorang anak yang berprestasi di bidang olahraga, seni, dan musik pun dapat dikatakan cerdas. Oleh karena itu, Howard Gardner membagi kecerdasan menjadi delapan bagian. Teori kecerdasan itu pun dikenal dengan Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences).

Adapun delapan macam kecerdasan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Kecerdasan Linguistik (Word Smart)

Kecerdasan linguistik adalah kecerdasan dalam mengolah kata, atau kemampuan menggunakan kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan. Orang yang cerdas dalam bidang ini dapat berargumentasi, meyakinkan orang, menghibur, atau mengajar dengan efektif lewat kata-kata yang diucapkannya.

Kecerdasan ini memiliki empat keterampilan, yaitu: menyimak, membaca, menulis, dan berbicara.

2. Kecerdasan Logika-Matematika (Logic Smart)

Kecerdasan logika-matematika adalah kecerdasan dalam hal angka dan logika. Kecerdasan ini melibatkan keterampilan mengolah angka atau kemahiran menggunakan logika/akal sehat.

Kecerdasan ini pada dasarnya melibatkan kemampuan-kemampuan menganalisis masalah secara logis, menemukan atau menciptakan rumus-rumus atau pola matematika, dan menyelidiki sesuatu secara ilmiah.

3. Kecerdasan Fisik-Kinestetik (Body Smart)

Kecerdasan fisik adalah suatu kecerdasan di mana saat menggunakannya kita mampu melakukan gerakan-gerakan yang bagus, berlari, menari, membangun sesuatu, semua seni dan hasta karya. Banyak orang yang berbakat secara fisik dan “terampil menggunakan tangan” tidak menyadari bahwa mereka menunjukkan bentuk kecerdasan
yang tinggi.

4. Kecerdasan Visual Spasial (Picture Smart)

Kecerdasan visual spasial merupakan kecerdasan yang berhubungan erat dengan memvisualisasikan gambar di dalam pikiran seseorang, atau untuk anak di mana dia berpikir dalam bentuk visualisasi dan gambar untuk memecahkan suatu masalah atau menemukan jawaban.

5. Kecerdasan Intrapersonal (Self Smart)

Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan diri kita untuk berpikir secara refletik, yaitu mengacu kepada kesadaran mengenai perasaan dan proses pemikiran diri sendiri. Ada pun kegiatan yang mencakup kecerdasan ini adalah berpikir, meditasi, bermimpi, berdiam diri, mencanangkan tujuan, refleksi, merenung, membuat jurnal, menilai diri, waktu menyendiri, proyek yang dirintis sendiri, dan menulis introspeksi.

6. Kecerdasan Interpersonal (People Smart)

Kecerdasan interpersonal adalah berpikir lewat membaca, berkomunikasi, dan berinteraksi dengan orang lain.

Ada pun kegiatan yang mencakup kecerdasan ini adalah : memimpin, mengorganisasi, berinteraksi, berbagi, menyayangi, berbicara, sosialisasi, menjadi pendamai, permainan kelompok, klub, dan kerja sama.

7. Kecerdasan Musikal (Music Smart)

Kecerdasan musikal merupakan kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan menangani bentuk-bentuk musikal, dengan cara mempersepsi (penikmat musik), membedakan (kritikus musik), mengubah (komposer), dan mengekspresikan (penyanyi). 

Kecerdasan ini meliputi kepekaan pada irama, pola titik nada pada melodi, dan warna nada atau warna suara suatu lagu.

8. Kecerdasan Natural (Nature Smart)

Kecerdasan natural berkaitan dengan keahlian mengenali dan mengkategorikan spesies (flora dan fauna) di lingkungan sekitar, mengenali eksistensi suatu spesies, dan memetakan hubungan antara beberapa spesies. Kecerdasan ini juga meliputi kepekaan pada fenomena alam lainnya (misalnya: formasi awan dan gunung-gunung). Selain itu, kecerdasan natural ialah kemampuan merasakan bentuk-bentuk serta menghubungkan elemen-elemen yang ada di alam.

Jadi, apakah kamu sudah kenal dengan kecerdasan yang kamu miliki? Selama masih hidup, belum ada kata terlambat. Yuk, gali terus potensi yang ada dalam dirimu untuk mengasah kecerdasanmu. Semangaaaaatt!

Penulis : Nur Samaratul Qalbi