Yuk Hijrah, ini 5 Tips Khusus Kamu yang Ingin Berhijrah
Cari Berita

Advertisement

Yuk Hijrah, ini 5 Tips Khusus Kamu yang Ingin Berhijrah

Jumat, 14 September 2018

Foto : Penulis
Indikatorbima.com - Umat islam yang baik adalah umat yang selalu taat akan perintah Allah Swt dan menjauhi segala larangannya. Begitupun dengan setiap muslimah yang ada di muka bumi ini.

Saya yakin, di dalam lubuk hati setiap muslimah yang paling dalam memiliki keinginan untuk tetap istiqomah di jalan Allah Swt. ingin hijrah, ingin menutup aurat, ingin berbuat baik, ingin beribadah secara maksimal serta menjadi muslimah yang lebih baik dari sebelumnya.

Setiap muslimah tentunya memiliki niat dan keinginan untuk selalu istiqomah dalam menjalan perintah Allah Swt dan menjauhi segala larangannya. Namun, untuk melaksanakan semua, itu tidak cukup hanya dengan niat saja. Semua butuh proses, usaha dan do'a. Tidak mudah memang, tapi bukan berarti tidak bisa kan? Saya yakin, setiap muslimah pasti bisa.

Namun, yang menjadi pertanyaannya adalah, kapan sekiranya seorang muslimah itu akan hijrah? Apakah harus menunggu hidayah, cobaan, peringatan atau lain sebagainya?
Tentunya tidak harus menunggu bukan? Sebab, hijrah itu bukan untuk ditunggu, melainkan dijemput.

Nah, pada tulisan kali ini penulis ingin berbagi tips-tips hijrah untuk muslimah. Tips-tips ini insha Allah bisa diikhtiarkan dan insha allah dapat memudahkan muslimah dalan usaha memulai langkah menuju hijrah. Berikut tips-tips Hijrah yang dirangkum penulis menjadi 5 poin :

1. Mulailah dengan Niat dan Ikhlas

Niatkan hijrahnya bukan hanya sebagai kepentingan dunia tetapi ikhlas karena Allah. Dan ingat jangan merasa rugi karena setiap orang akan mendapatkan hasil sesuai dengan usaha yang sudah dilakukan. Niat yang kuat menjadi poin penting dalam berhijrah dan beristiqomah.

Insyaa Allah jika kita mempunyai niat yang ikhlas maka, godaan apapun akan kalah. Terus berdoa kepada Allah SWT agar kita selalu diberikan kekuatan untuk menjaga niat kita berhijrah. Allah Maha membolak-balikan hati manusia, jadi kita harus percaya.

2. Teruslah Belajar dan Mengikuti Kajian Muslimah

Tidak hanya badan yang butuh makan, tapi otak dan hati juga butuh asupan rohani. Teruslah belajar, teruslah membaca dan ikutilah kajian-kajian muslimah. Sekarang banyak sekali kajian-kajian muslimah. Tidak ada kata terlambat untuk belajar.

3. Dekatkan Diri pada Al-quran

Al-quran salah satu penyejuk hati, ketika kita sering membacanya, secara tidak langsung otak dan hati kita menjadi lebih tenang. Selain itu di dalam Al-qur'an kita bisa belajar banyak hal, mencoba membaca terjemahnya akan banyak sekali makna yang bisa kita ambil. Jangan lupa untuk mengamalkannya kedalam kehidupan sehari-hari.

4. Segera mencari lingkungan yang baik dan sahabat yang shalih

Ini adalah salah satu kunci sukses untuk hijrah, yaitu memiliki teman dan sahabat yang membantu untuk dekat kepada Allah Swt dan saling menasehati serta saling mengingatkan. Hendaknya kita selalu berkumpul bersama sahabat yang shalih dan baik akhlaknya.

5. Hijrahnya Sekarang Jangan di Tunda Lagi

Laksanakan niatmu mulai hari ini juga. Mumpung kita masih diberikan kesempatan untuk melakukannya. Mulailah dari diri sendiri, sebab, kalau bukan kita siapa lagi? Kalau tidak hari ini, Kapan lagi? Tidak ada yang tau kapan kematian itu datang. Kematian bisa datang kapan saja dan dimana saja.

Yuukkk hijrah sekarang.... kita sama-sama memperbaiki diri.

Penulis : Nur Assyifah Af