Perdana, SDIT Insan Kamil Kota Bima Melaksanakan Ikal Edufest di Asi Mbojo
Cari Berita

Advertisement

Perdana, SDIT Insan Kamil Kota Bima Melaksanakan Ikal Edufest di Asi Mbojo

Jumat, 21 September 2018

Ratusan peserta yang berasal dari berbagai sekolah terlihat sedang bersiap-siap mengikuti kegiatan IKAL EDUFEST di halaman Asi Mbojo.
Indikatorbima.com - Dalam rangka memeriahkan tahun baru Hijriah 1440 H, Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Kota Bima bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bima menyelenggarakan program perdananya, yaitu program Insan Kamil Education Festival (Ikal Edufest) di Asi Mbojo, Jumat (21/09/18).

"Memeriahkan Tahun Baru Hijriah 1440 H ini, SDIT Insan Kamil bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bima meluncurkan program baru di tahun 2018, yaitu Insan Kamil Education Festival (Ikal Edufest)," ujar Ustadzah Erni, S.P. (42) tahun selaku kepala sekolah SDIT Insan Kamil, pada saat memberikan sambutan.

Kegiatan Insan Kamil Education Festival ini diikuti oleh siswa-siswi SD/MI se-Kota Bima dan Kab. Bima, bahkan juga diundang siswa dan siswi dari Kab. Dompu mulai dari kelas 4, 5, dan 6.

"Bagi sekolah yang mendapatkan hasil terbaik, akan diberikan piala bergilir," ujar Kepsek SDIT Insan Kamil Kota Bima dalam sambutannya.

Kegiatan yang terdiri dari beberapa mata lomba ini akan dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, yaitu mulai dari hari Jumat, 21 September sampai dengan hari Sabtu, 22 September 2018 besok.


Dalam kegiatan ini, terdiri dari delapan mata lomba sebagai gambaran pembelajaran yang dilakukan di SDIT Insan Kamil, yaitu: Lomba Olimpiade MIPA, Lomba Hafalan Juz 30, Lomba Nasyid, Lomba Pidato Bahasa Arab, Lomba Storry Telling, Lomba Patu Mbojo (Pantun Bahasa Bima), Lomba HandyCraft yaitu, Fashion Show pakaian dari olahan sampah dan Lomba Mading dengan tema: Budaya dan Wisata Daerah Bima.

Selain menggelar kegiatan lomba, Ikal Edufest juga menggelar "Seminar Parenting" spesial untuk orang tua murid, peserta, dan guru-guru pembina, dengan tajuk "Mewujudkan Generasi Robbani di Era Milenial." Narasumber dalam seminar tersebut, adalah Penggiat Pendidikan di Kota/Kab. Bima, yaitu Khairul Juhdi, S.Pd. (Duta Rumah Belajar Kemendikbud) dan M. Syukrillah, M.A. (Kepala SMPIT Insan Kamil Boarding School Kota Bima).


Pada kegiatan Ikal Edufest itu, akan dibuka stand-stand yang berisi berbagai permainan edukasi yang akan menghibur peserta dan penonton umum disela-sela acara lomba.

SDIT Insan Kamil berkomitmen untuk menyelenggarakan event kompetisi ini dengan penuh sportivitas. Event ini adalah salah satu persembahan Insan Kamil sebagai salah satu konstributor dunia pendidikan di Kota Bima.

"Di antara bentuk komitmen tersebut, adalah siswa-siswi kami tidak boleh ikut sebagai peserta dalam semua bidang lomba. Siswa-siswi SDIT Insan Kamil akan menjadi panitia yang akan menyambut dan melayani berbagai keperluan lomba," tegas Kepsek SDIT Insan Kamil.

Ikal Edufest akan menjadi event rutin tahunan SDIT Insan Kamil. Akan ada Piala Bergilir untuk memberikan penghargaan atas keterlibatan sekolah yang mencapai hasil terbaik.

Reporter : Nur Samaratul Qalbi