Niatnya Menampung Aduan Masyarakat, Aplikasi SaPA Kemendagri Malah Tuai Kecaman
Cari Berita

Advertisement

Niatnya Menampung Aduan Masyarakat, Aplikasi SaPA Kemendagri Malah Tuai Kecaman

Kamis, 27 September 2018

Foto: Screenshot tampilan aplikasi SaPA Kemendagri di Google Playstore
Indikatorbima.com - Duh! niatnya menampung aduan masyarakat, yang terjadi justru sebaliknya, aplikasinya malah panen kecaman dari pengguna. Itulah fakta miris yang diderita layanan pengaduan  SaPA Kemendagri.

Terhitung sejak diluncurkan 7 mei 2017 atau hampir 30 bulan bertengger di layanan konten digital milik Google, performa aplikasi SaPA Kemendagri masih terlihat loyo.

Berdasarkan hasil ulasan dari pengguna, rating aplikasi tersebut masih berada pada kisaran 2,6  dari 5 bintang untuk ukuran kepuasan tertinggi, implikasinya, tidak banyak yang tertarik menggunakan layanan aplikasi tersebut.  Per 27 september 2018 saja hanya ada seribuan pengguna yang mengunduhnya.

Jumlah tersebut tentunya tidak sebanding dengan jumlah sasaran pengguna ideal, mengingat Lembaga riset digital marketing Emarketer memperkirakan pada 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang.

Selain banyaknya layanan sejenis yang lebih bagus kinerjanya, sepinya pengguna aplikasi SaPA besutan Puspen Kemendagri itu tidak bisa dipisahkan dengan kinerja aplikasi itu sendiri.

"Harusnya aplikasi itu lebih memudahkan, bukan malah sebaliknya, ulasan negatif dari pengguna sejatinya jadi input untuk perbaikan" Kata pegiat komunitas startup Vavan saat dihubungi via Whatapp, Kamis (27/9/2018).

Melihat kinerjanya yang kurang perkasa, wajar jika mayoritas penguna memberikan ulasan negatif. Salah satunya datang dari akun Renaldo Diba.

"Call center tidak dpt di hubungi sedang sibuk. Pengaduan tudak ada tanggapan. Pencitraan banyak diam gak ada kerjaan... tidur kali semua kemana lagi ini harus lapor.. ribet bener kinerja masih di bawah kurang kompeten.. " Kecamnya di kolom ulasan miliki google dengan penilaian satu bintang.

Seperti diketahui, aplikasi SaPA Kemendagri merupakan aplikasi yang dibuat untuk menerima pengaduan dan aspirasi dari masyarakat. Aplikasi SaPA dioperasikan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Harapannya, melalui SaPA, masyarakat dapat membuat pengaduan dan menyatakan aspirasi terhadap layanan yang diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri dan pemerintah daerah. Aplikasi SAPA Kementerian Dalam Negeri dan pemerintah daerah mengintegrasikan pengelolaan pengaduan dan aspirasi dalam satu pintu.

Kontributor : Indikatorindonesia.com