Foto: Keindahan Pulau Sangiang Api Dilihat Dari Berbagai Sudut
Cari Berita

Advertisement

Foto: Keindahan Pulau Sangiang Api Dilihat Dari Berbagai Sudut

Kamis, 20 September 2018

Foto : Facebook
Indikatorbima.com - Seperti yang dikatahui, Gunung Sangiang Api merupakan gunung aktif di kompleks pulau Sangiang di Indonesia. Ini terdiri dari dua kerucut vulkanik, Doro Api 1.949 meter (6.394 kaki) dan Doro Mantoi 1.795 m (5.889 ft). Salah satu gunung berapi paling aktif di kepualauan Sunda kecil. Meletus pada tahun 1988 dan penduduk pulau dievakuasi. Tercatat letusan pertama pada tahun 1512 dan 1989 itu meletus 17 kali. Meletus lagi selama bulan Desember 2012 dan Mei 2014.







Seperti yang dilansir dari Wikipedia, Pulau Sangiang merupakan bagian dari kepulaun Sunda kecil, Kota ini terletak sebelah timur laut dari Sumbawa di Laut Flores, dengan lebar 13 kilometer dan luas 153 km2. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kabupaten Bima, Propinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Untuk nama resmi di pemerintahan Kabupaten Bima yaitu Pulau Sangiang.










Dokumen paling awal menyebutkan tentang Sang Hyang gunung Api ditemukan pada abad ke-14 naskah Majapahit Nagarakretagagama "Gunung Api" juga muncul sebagai nama gunung di bab pertama dari novel "The Long Journey" oleh Johannes V. Jensen.

Catatan : Foto tentang gunung Sangiang Api diambil dari berbagai akun publik di Facebook.

Reporter : Furkan As