Akibat Mata Uang Bobrok, Masyarakat Alami 10 Dampak Negatif ini
Cari Berita

Advertisement

Akibat Mata Uang Bobrok, Masyarakat Alami 10 Dampak Negatif ini

Jumat, 14 September 2018

Foto : Penulis
Indikatorbima.com - Nilai tukar dollar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah masih terus melemah hingga Rp.15.000 . Terus melemahnya mata uang rupiah terhadap dollar Amerika Serikat, menimbulkan dampak sepiral ke berbagai sektor terutama yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat luas.

Setidaknya ada 10 dampak negatif yang dialami oleh masyarakat, dengan terus melemahnya rupiah terhadap dollar Amerika.

1. Pertumbuhan Ekonomi Melambat

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2015 mengalami perlambatan, dengan tumbuh sebesar 4,6 persen. Angka ini menurun jika dibandingkan pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2015 sebesar 4,7 persen.

2. Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) Meningkat

PHK terjadi pada industri yang selama ini menggantungkan bahan baku dari impor. Buruh yang di PHK terus meningkat jumlahnya, seiring dengan terus melemahnya mata uang rupiah terhadap dollar Amerika Serikat.

3. Pengangguran Meningkat

Jumlah pencari kerja setiap tahun sekitar 2,5 juta orang. Dengan pertumbuhan ekonomi yang terjadi sebelumnya, maka banyak pencari kerja yang masih menganggur, sekarang ditambah lagi dengan buruh yang di PHK.

4. Inflasi Bahan Pangan Meningkat

Meningkatnya inflasi dibidang sembako, sangat terkait erat dengan kebijakan masa lalu yang import minded. Dalam 5 (lima) tahun terakhir, inflasi sembako setiap tahun mencapai 60 persen.

5. Kemiskinan Meningkat

Kalau barang-barang terutama sembako meningkat harganya, penghasilan tidak meningkat bahkan tidak mempunyai penghasilan karena di PHK dan menganggur, maka otomatis kemiskinan meningkat.

6. Daya Beli Menurun

Konsekuensi logis meningkatnya harga-harga barang terutama sembako dan penghasilan tidak meningkat, bahkan penghasilan hilang karena di PHK dan menganggur, maka otomatis daya beli masyarakat menurun.

7.  Kesejahteraan Masyarakat Menurun

Dampak spiral selanjutntya ialah menururnnya tingkat kesejahteraan masyarakat (kesmas).

8.  Gizi Masyarakat Nenurun

Dampak turunannya dari 7 faktor di atas, maka otomatis gizi masyarakat memburuk. Melalui paket kebijakan ekonomi tahap 1, pemerintah berusaha keras mencegahnya semakin menurunnya gizi masyarakat.

9.  Angka Putus Sekolah Meningkat terutama mereka yang sekolah di swasta dan sedang kuliah di perguruan tinggi.

10. Depresi Meningkat

Menurut Kartono (2002) depresi adalah kemuraman hati (kepedihan, kesenduan, keburaman perasaan) yang patologis sifatnya. Biasanya timbul oleh; rasa inferior, sakit hati yang dalam, penyalahan diri sendiri dan trauma psikis. Jika depresi itu psikotis sifatnya, maka ia disebut melankholi.

Terus melemahnya mata uang rupiah, tidak hanya karena kuatnya tekanan dari luar, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor psikologis dari masyarakat kelas menengah dan atas, dan bahkan ada yang berharap situasi semakin memburuk supaya rakyat marah dan terjadi pergantian rezim.

Benar apa yang menjadi dugaan, Lagi dan lagi presiden jokowi melakukan hal demikian. Hingga akhirnya mengundang amarah mahasiswa sebagai kaum yang tersadarkan akan tugas dan perannya sebagai agen of social mereka harus berjuang demi nama kebenaran.

Ironisnya lagi ketika ada suara yang coba meneriakkan kebenaran lagi-lagi ini dibungkam dan dihalangi oleh pihak kepolisian yang tidak sadar akan poksinya sebagai pengayom, pelindung, dan pelayan masyarakat seperti yang di amanatkan oleh UU no.2 th 2002. Namun, penghadangan mereka gagal dan berujung caos dengan mahasiswa.

Saya selalu berpikir bahwa tindakan seseorang merupakan penerjemah yang paling baik atas pikiran-pikiran mereka. Mengerjakan dengan baik itu lebih baik daripada mengatakan dengan baik. Banyak hal yang berbeda di antara perkataan dan tindakan. Antara yang dikatakan dan dilakukan, ternyata masih lebih banyak yang dikatakan daripada yang dilakukan. Jawaban yang paling singkat adalah melakukan.

Kepercayaan hanya kepada gerakan. hidup terjadi pada tingkat peristiwa atau kejadian, bukan pada kata-kata. jadi, percayalah pada gerakan/tindakan. Kita harus berpikir untuk tidak menunggu inspirasi untuk memulai sesuatu. Tindakan selalu menghasilkan inspirasi. sedangkan inspirasi jarang menghasilkan tindakan.

Sebuah janji itu awan; isinya adalah hujan. Sebuah gagasan yang tidak diikuti dengan tindakan tidak akan pernah lebih besar dari batok kepala saja. Inspirasi tidak akan pernah masuk ke dalam pemikiran yang lama, ia menuntut tindakan yang melakukannya. Tindakan kecil yang dilakukan lebih baik dari pada tindakan besar yang hanya direncanakan.

Tidak pernah ada kata salah dalam bertindak. Tindakan adalah kata-kata yang paling baik. Banyak sekali hal yang ingin kita lakukan pada hari kemarin, namun hanya beberapa yang benar-benar bisa kita lakukan hari ini. Anjing yang menggonggong terkadang lebih berguna dari pada singat yang tidur.

Tindakan adalah sumber terakhir dari orang-orang yang tidak tahu bagaimana caranya berterima kasih pada rakyat yang sudah memberikan mereka makan.

Ingatlah! orang-orang akan menilai anda dari tindakan-tindakan anda, bukan dari niat anda. Mungkin anda memiliki hati yang terbuat dari emas, tetapi tidak ada gunanya jika tidak dibarengi dengan tindakan. Anda tidak akan pernah melakukan sebuah tindakan sebelum anda benar-benar mengetahui jawaban dari pertanyaan: “Apa yang akan terjadi jika saya tidak melakukan sesuatu?” jika “seandainya” bisa menjadi hadiah, maka setiap hari adalah hari raya Natal. Contoh adalah pelajaran bagi umat manusia, dan mereka akan belajar dengan sendirinya.

Berkata-kata tidak akan pernah bisa mengubah beras menjadi nasi. Jadilah gerakan untuk bertindak, dan jangan banyak bicara dengan orang lain. Semua pengetahuan adalah jalan, dan hanya sebagian kecil saja yang benar-benar bermanfaat. Komtemplasi "merenung/berpikir" sering kali membuat hidup kita menjadi sengsara. kita harus lebih banyak bertindak, lebih sedikit berpikir, dan berhentilah menonton hidup kita sendiri. Langkah pertama akan menarik langkah yang kedua, begitulah seterusnya. Jika pekerjaan anda berbicara kepada dirinya sendiri, maka jangan ganggu.

Tidak ada masa seperti masa sekarang. Orang yang tidak mau melakukan perlawanan dan meluangkan gagasannya ketika gagasan itu masih segar maka dia tiada bedanya dengan patung pancoran, maka setelah itu ia tidak akan memiliki harapan lagi terhadap gagasan tersebut; gagasan itu akan sirna, hilang, dan binasa dari dunia ini, atau tenggelam dalam arus gelombang kehidupan era mileneal.

Musyawarah adalah fungsi dari banyak orang; sedangkan tindakan adalah fungsi dari seorang saja. Tindakan adalah penawar dari putus asa.

Ironisnya, membuat pernyataan dengan kata-kata adalah cara yang paling efektif. Cara untuk bisa melakukan sesuatu adalah mendaftar segala sesuatu yang bisa dilakukan untuk negara indonesia.

Seorang komposer yang hebat bukan bekerja karena ia terinspirasi, tetapi ia terinspirasi karena ia bekerja. Beethoven, Wagner, Bach, dan Mozart duduk berhari-hari untuk melakukan pekerjaannya sama banyaknya dengan para akuntan yang setiap hari berkutat dengan angka-angka. mereka semua tidak menghabiskan waktu menunggu datangnya inspirasi. Kita semua cenderung menilai diri kita sendiri berdasarkan gagasan-gagasan kita, dan menilai orang lain berdasarkan tindakan mereka

Penulis : Kiliman Ariansyah