Resort Wera Dibawah Naungan BKPH Maria Donggomasa Berjuang Melindungi Hutan
Cari Berita

Advertisement

Resort Wera Dibawah Naungan BKPH Maria Donggomasa Berjuang Melindungi Hutan

Minggu, 05 Agustus 2018

Foto : Penulis memakai baju hitam (angkat tangan)
Indikatorbima.com - Di seluruh dunia, hutan-hutan alami sedang dalam krisis. Tumbuhan dan binatang yang hidup didalamnya terancam punah. Dan banyak manusia dan kebudayaan yang menggantungkan hidupnya dari hutan juga sedang terancam. Tapi tidak semuanya merupakan kabar buruk. Masih ada harapan untuk menyelamatkan hutan-hutan ini dan menyelamatkan mereka yang hidup dari hutan.

Perlindungan hutan adalah suatu upaya dalam melindungi hutan dari gangguan dan mengembalikan karakteristik dan fungsi hutan seperti semula. Perlindungan tidak hanya mencegah ancaman anthroposentris (dari manusia), namun juga dari hama dan penyakit (patologi hutan) serta benacana alam. Perlindungan hutan merupakan salah satu bidang pekerjaan yang dipenuhi risiko penyuapan dan bahaya fisik di lapang. Tidak jarang jagawana diserang oleh pelaku perburuan hewan dan pembalakan liar.

Perlindungan hutan juga terancam oleh lemahnya pengembalian fungsi hutan, karena lahan yang telah terbakar akan sulit dikembalikan fungsinya dan cenderung dialih fungsikan, misal menjadi lahan pertanian.

Upaya melindungi hutan itulah yang sedang dilindungi oleh Resort Wera. Resort Wera merupakan salah satu dari delapan Resort dibawa naungan BKPH Maria Donggomassa yang berkedudukan di Kecamatan Wera tepatnya di Desa Mandala.

Resort Wera memiliki 10 personil yang dikepalai oleh Pak Hananto, SP yang selalu memberi semangat dan motivasi dalam menjalankan tugas. Bahu membahu dalam menghadapi dinamika yang cukup dinamis. menjelajahi separuh Hutan Wera dengan tekad kelestarian Alam, kesadaran masyarakat sekitar hutan tentang pentingnya menjaga keutuhan Hutan.

Perjuangan ini tidak mampu diukir dengan kata-kata, apalagi ditukar dengan nilai rupiah. Motto Resort Wera "Mencegah lebih baik dari pada mengobati" Lestari Alamku Sejahtera Masyarakatku adalah pondasi dasar bagi Personil Resort Wera dalam melaksanakan tugasnya.

Kesejahteraan Masyarakat sekitar hutan merupakan impian dan amanat Undang-Undang.

Sebagai Masyarakat yang memiliki tanggung jawab dalam melindungi dan mengamankan Hutan, Selalu berupaya dan berusaha agar terciptanya Masyarakat sadar akan Hukum dan aturan sebagai acuan dasar dalam memanfaatkan Hutan.


Penulis : Candra Wahyoni S,Hut.