Pasar Bahari Sangiang Alih Fungsi Jadi Kandang Kambing
Cari Berita

Advertisement

Pasar Bahari Sangiang Alih Fungsi Jadi Kandang Kambing

Selasa, 07 Agustus 2018

Foto : Pasar Bahari Desa Sangiang
Indikatorbima.com - Pasar Bahari Desa Sangiang Kecamatan Wera Kabupaten Bima beralih fungsinya menjadi tempat kegiatan umum. Hal itu sangat di sayangkan oleh Furkan AS salah satu pemuda Desa Sangiang yang juga ketua umum Komunitas Indikator Bima, Selasa (07/08/18).

Pemuda berusia 24 tahun ini menganggap bahwa kesalahan telah terjadi pada tahap perencanaan dan pelaksanaannya. Harusnya pasar menjadi tempat keluar dan masuknya uang rakyat bukan tempat berteduhnya kambing-kambing.

"Itu kan pasar, harusnya jadi tempat transaksi jual beli. Kok fungsinya jadi kandang kambing-kambing membuang hajat, emang boleh gitu yah," ucap Furkan sembari bertanya.

Furkan AS menilai bahwa pembangunan Pasar Bahari Desa Sangiang merupakan proyek gagal dan ugal-ugalan pihak-pihak yang tidak bertannggungjawab yang hanya menghabiskan anggaran negara.

"Itu proyek asal-asalan, gagal dan tidak bertanggungjawab. Bayangkan saja, hampir 10 tahun di bangun tapi tidak pernah di fungsi kan sebagai pasar," tegasnya.

Sementara itu M. Saleh Kepala Desa Sangiang berdalih, bahwa pembangunan pasar tersebut sudah salah sejak awal, Karena letaknya tidak strategis. Sehingga pemerintah Desa Sangiang tidak berani mengfungsikan pasar sebagaimana mestinya.

"Kurang strategis, itu kan dibangun sebelum masa pemerintahan saya. Harusnya pasar itu tidak boleh dekat kantor desa, tempat terima tamu-tamu terhormat. Kan nggak enak kalau ada tamu tapi bau amis," terangnya.

Lebih lanjut M. Saleh mengatakan bahwa pasar tersebut untuk sementara dijadikan sebagai tempat kegiatan umum, kegiatan pemuda atau masyarakat.

"Untuk sementara kita jadikan tempat kegiatan umum," tutupnya.

Letak Pasar Bahari cukup dekat dengan Kantor desa Sangiang dan jalan raya. Hanya berjarak sekitar 100 meter saja.

"Kalau tidak salah di bangun tahun 2009 lalu, tapi coba tanyak sekdes yang dulu yang lebih tau," ujar Arasid kepala Desa Sangiang sebelumnya.

Reporter : Irdan