Parah! Begini Kondisi Pustu Desa Sangiang
Cari Berita

Advertisement

Parah! Begini Kondisi Pustu Desa Sangiang

Kamis, 23 Agustus 2018

Foto : Kondisi Pustu tampak dari depan
Indikatorbima.com - Kondisi Puskesmas Pembantu (Pustu) yang bertempat di Duaun Doroma Desa Sangiang Kecamatan Wera Kabupaten Bima sangat memprihatinkan. Mulai dari kondisi fisik gedung yang rusak hingga fasilitas yang tidak memadai membuat Pustu tersebut tisak bisa beroperasi secara maksimal, Kamis (23/08/19).

Selain itu, tenaga kesehatan yang tersedia juga tidak memadai. Bayangkan saja di pustu tersebut hanya satu orang yang bekerja sekaligus merangkap sebagai kepala Pustu.

Seorang perawat PTT Lina Agustina, A.Md kepala yang bekerja sekaligus menjadi kepala pustu mengungkapkan, bahwa Pustu Desa Sangiang membutuhkan fasilitas penunjang.

"Pustu ini butuh fasilitas penunjang," katanya kepada Indikator Bima saat di temuai di ruang kerjanya.

Lina juga mengatakan bahwa pustu desa Sangiang sangat minim pasien yang datang berobat. Padahal dirinya bersama puskesmas Wera sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat.

"Masyarakat sangat minim datang berobat ke pustu, padahal kami sudah melakukan sosialisasi bersama puskesmas," ungkapnya.

"Saya sudah lapor ke puskesmas Wera tapi tidak di tanggapi justru pihak puskesmas sarankan ke pihak pemerintah Desa Sangiang," tambahnya.

Berikut beberapa gambar tentang kondisi Pustu desa Sangiang :





Seperti yang diketahui, Puskesmas Pembantu (Pustu) adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia. 

Reporter : Irdansyah