Nih 4 Jenis Tembe Nggoli, Sarung Tenun Khas Bima yang Jarang Diketahui
Cari Berita

Advertisement

Nih 4 Jenis Tembe Nggoli, Sarung Tenun Khas Bima yang Jarang Diketahui

Rabu, 29 Agustus 2018

Kumpulan tembe nggoli/sarung tenun khas masyarakat Bima (foto : Haris Apologi).
Indikatorbima.com - Siapa yang tidak tau Tembe Nggoli atau sarung tenun khas masyarakat Bima? pastinya semua sudah tahu kan apa itu Tembe Nggoli. Sebuah sarung yang dibuat langsung menggunakan tenun ala masyarakat Bima. Hasilnya tidak kalah bagus dengan buatan mesin pabrik, bahkan lebih bagus loh.

Tembe Nggoli atau sarung tenun khas masyarakat Bima yang satu ini, terbuat dari benang kapas (katun) dengan berbagai warna dan motif yang indah dan unik. Namun tahukah anda, bahwa Tembe Nggoli atau sarung tenun khas masyarakat Bima sebenarnya terdiri dari 4 model atau jenis. Model apa sajakah itu? Yuk kita simak dibawah ini.

1. Tembe Nggoli Bali Mpida



Tembe Nggoli Bali Mpida adalah salah satu sarung/tembe nggoli yang biasa dipakai/digunakan setiap hari oleh masyarakat Bima, baik digunakan untuk bersantai, tidur atau bahkan digunakan untuk berpergian. Tembe Nggoli Bali Mpida merupakan Sarung Nggoli kategori biasa yang memiliki motif dan garis-garis lurus kecil yang akan membentuk kotak-kotak kecil. Biasanya Tembe Nggoli Bali Mpida hanya menggunakan dua motif dan dua warna saja.

2. Tembe Nggoli Pa'a



Berbeda dengan Tembe Nggoli Bali Mpida diatas. Tembe Nggoli Pa'a merupakan sarung tenung khas masyarakat Bima yang sangat unik dan paling menarik, karena cara pembuatan/proses menenunnya berbeda dengan yang lain dan motifnya berbeda sendiri. Selain itu, Tembe Nggoli Pa'a ini juga memiliki keunikan tersendiri, yaitu tampilan warna di bagian luar dan di bagian masing-masing memiliki warna yang berbeda.

3. Tembe Nggoli Songket



Berbeda dengan 2 Tembe Nggoli di atas, Tembe Nggoli Songket ini merupakan sarung tenun yang sangat cantik dan menggairahkan. Pasalnya, Tembe Nggoli Songket memiliki motif yang bebas, tergantung kita pengen menggunakan motif apa dan yang bagaimana pun bebas saja. Misalnya ingin menggunakan motif bergambar love, apel, bahkan menggunakan motif dengan menulis nama sendiri pun bisa.

4. Tembe Nggoli Bali Lomba



Tembe Nggoli Bali Lomba cukup sederhana, yaitu menggunakan motif berupa garis lurus besar sehingga membentuk garis kotak-kotak yang besar pula. Dan biasanya tembe nggoli bali lomba paling cantik menggunakan 4 warna benang.

Nah, sudah pada tahukan bagaimana cantik, indah dan uniknya Tembe Nggoli atau sarung tenun khas masyarakat Bima diatas?

Hingga saat ini, Tembe Nggoli sudah diproduksi dengan berbagai macam corak dan motif. Ada yang biasa (untuk dipakai sehari-hari) ada pula yang istimewa, yang hanya dipakai pada acara-acara resmi. Seperti acara pernikahan, sunatan, pengajian dan lain-lain.

Penulis : Nur Assyfah AF