Mahasiswi ini Laksanakan Lomba Menghafal Al-quran, Cita-Citanya Sangat Mulia
Cari Berita

Advertisement

Mahasiswi ini Laksanakan Lomba Menghafal Al-quran, Cita-Citanya Sangat Mulia

Kamis, 02 Agustus 2018

Foto : Nurul Masita (jilbab coklat) saat melakukan foto bersama dengan anak-anak dan pak RT usai membagikan hadiah kepada peserta lomba.
Indikatorbima.com - Dengan semangat dan tekat yang kuat, Nurul Masita (20) tahun mahasiswi asal Bima jurusan bahasa Arab Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram ini berhasil melaksanakan lomba menghafal Al-qur'an. Ia pun bertekat untuk mendirikan TPA dan Perpustakaan di kampungnya sendiri, Kamis (02/08/18).

Nurul Masita mahasiswi kelahiran Desa Tumpu, 15 Juni 1998 Bima, NTB ini menjelaskan bahwa lomba yang ia laksanakan terdiri dari beberapa tingkat untuk PAUD, TK, SD dan SMP.

"Lombanya hari pertama untuk yang PAUD dan TK dengan mengahafal surah Al-fatihah + juz Amma, hari kedua untuk yang SD dan SMP dengan menghafal surah Al -fatihah + surah Ad-Duhah juga tartil surah Al-baqarah pada ayat ayat terakhir," jelas Nurul yang juga seorang Kader HMI ini.

Baca juga : Hebat! Mahasiswi ini Manfaatkan Libur Kuliah Dengan Mengajari Anak-Anak Al-qur'an

Lebih lanjut Nurul mengatakan, bahwa pembiayaan lomba menghafal Al-qur'an tersebut berawal dari urunan peserta sebesar 2 ribu rupiah dan uang piribadinya hasil menanam jagung untuk membeli Al-qur'an, Iqro dan buku. Namun masih belum cukup, sehingga Nurul meminta bantuan kepada teman-teman semasa SMA-nya.

"Saya awalnya suruh mereka mengumpulkan uang masing masing 2 ribu untuk menunjang hadiahnya selain uang yang saya sisipkan. Namun saya pikir itu tidak cukup karena harga Al-quran juga agak mahal. Jadi saya coba chat teman-teman SMA mungkin bisa membantu untuk hadiahnya," terangnya.

"Dan Alhamdulillah mereka ada juga yang membelikan Al-quran, buku 5 lusin dan Alhamdulillah juga ada yang ngasih uang 20 rb, 50 rb sampai 100 rb," tambah Nurul.

Nurul Masita memiliki cita-cita untuk mendirikan TPA dan perpustakaan untuk anak-anak di kampungnya. Namun cita-cita itu akan ia wujudkan setelah ia menyelesaikan kuliahnya.

"Sebenarnya saya dari dulu punya niat mendirikan TPA + perpustakaan untuk anak-anak, karena setiap hari saya berbaur dengan anak-anak. Tapi saya pikir, akan saya kembangkan setelah kuliah. Akan merekrut lebih lanjut lagi," ucapnya.

Nurul Masita pun berharap, semoga dengan adanya kegiatan belajar dan mengajar Al-quran tersebut, semangat anak-anak dan masyarakat setempat untuk membumikan Al-quran tetap berkobar.

"Yaa harapan saya semoga mereka tetap kobarkan semangat untuk membumikan Al-quran, berkembang lebih baik lagi juga tetap semangat,"

"kepada adik adik saya semoga menjadi generasi qurani yang membanggakan kedua orang tua mereka, agama, juga bangsa dan negara," tutupnya.

Seperti pemberitaan sebelumnya, Nurul Masita memiliki hobi dan kesukaan bermain bersama anak-anak. Ia pun memanfaatkan waktu libur kuliah untuk mengajari anak-anak di kampungnya belajar Al-quran.

Reporter : Furkan AS
Editor      : Fuad D Fu